Pengenalan Teknologi Pemanfaatan Gadget Yang Baik & Mengenali Bagian-Bagian Komputer Pada Siswa SDN 009 Samarinda Utara
DOI:
https://doi.org/10.30872/petisi.v2i1.1449Keywords:
Teknologi, Komputer, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Meningkatnya pemanfaatan teknologi terutama dalam pengoperasian gadget dan komputer tentunya harus dipergunakan secara baik dan positif. Siswa Sekolah Dasar (SD) tentunya sudah mulai akrab dengan teknologi termasuk handphone dan komputer tetapi, tentunya masih dalam pengawasan orang dewasa disekitar mereka untuk memastikan bahwa penggunaanya tidak berlebihan dan untuk hal-hal yang bermanfaat. Pengenalan teknologi untuk pemanfaatan yang lebih baik dan bijak bagaimana mengoperasikan komputer pada Sekolah Dasar Negeri 009 Samarinda Utara. Metode pelaksanaan pengabdian menggunakan pendekatan edukatif yang melibatkan siswa SDN 009 Samarinda Utara dalam sesi interaktif. Hasil pengabdian diharapkan meningkatkan pemahaman siswa terhadap cara memanfaatkan gadget secara positif dan pengetahuan dasar mengenai bagian-bagian komputer. Pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk pemenuhan pengabdian masyarakat sesuai keilmuan sistem informasi yang diwujudkan dengan pencegahan penggunaan gadget yang tidak benar dan memberi contoh baik serta pengenalan langsung ke bagian-bagian yang dimiliki komputer dengan alat peraga. Implikasi dari kegiatan pengabdian dapat membantu dalam penyusunan materi belajar pendidikan teknologi di tingkat sekolah dasar. Hasilnya dapat memberikan kontribusi pada pemahaman siswa tentang teknologi, mengembangkan literasi digital, dan mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan era digital. Manfaat kegiatan ini adalah agar siswa SDN 009 Samarinda Utara dapat menerapkan pemanfaatan gadget yang baik dan lebih mengenali bagian-bagian komputer serta lebih bisa mengontrol diri dalam menggunakan gadget dan mengetahui cara mengoperasikan komputer. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan dorongan positif bagi para guru dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat meraih manfaat dari penggunaan gadget dan memahami esensi pengoperasian komputer. Selain itu, dengan melibatkan orang tua dalam proses edukasi teknologi di sekolah dapat memperkuat kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik.
References
Ansori, Z. (2019). Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan. Z.A. Pagar Alam, 1(1), 35142. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjm_snkq7jtAhUHVH0KHTtcCpEQFjAFegQIChAC&url=https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jppm/article/download/1498/932&usg=AOvVaw12D0eXZzPWiTFx9nHI2fMI
Common Sense Media. (2019). The Common Sense Census: Media Use by Tweens and Teens. Common Sense Media.
Harmain, H. A., Posangi, S. S., & Datunsolang, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 20–35. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.559
Livingstone, S., & Haddon, L. (2009). EU Kids Online: Final Report. London: LSE, London School of Economics and Political Science.
Pew Research Center. (2020). Parenting Children in the Age of Screens. Pew Research Center.
Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430
Upa, R., & Pilu, R. (2021). Pelatihan dan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer bagi Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Kelurahan Temmalebba. Madaniya, 2(4), 373–377. https://doi.org/10.53696/27214834.104
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Teknologi dan Sistem Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.