Pelatihan Pembuatan Landing Page Portofolio Menggunakan VScode di SMP Negeri 21 Samarinda

Authors

  • Amin Padmo Azam Masa Universitas Mulawarman
  • Hario Jati Setyadi Universitas Mulawarman
  • Ahmad Yunus Universitas Mulawarman
  • Rayhan Abdilah Rapiq Universitas Mulawarman
  • Andi Yolanda Sagita Universitas Mulawarman
  • Shafa Nur Alifia Universitas Mulawarman
  • Erni Veronica Sidabutar Universitas Mulawarman
  • Syilla Arviani Universitas Mulawarman
  • Ferryza Nurwahyu Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v2i1.1466

Keywords:

Literasi Digital, Portofolio, HTML, CSS, VSCODE

Abstract

Kemampuan untuk membuat dan memahami dasar-dasar pembuatan website menjadi sangat penting. Terutama untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), memiliki keterampilan dasar dalam mengembangkan halaman web dapat membuka peluang baru dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap teknologi informasi. Salah satunya SMP Negeri 21 Kota Samarinda memiliki keinginan untuk meningkatkan keterampilan teknologi dan informatika siswa-siswinya. Memperhatikan kebutuhan tersebut, kami melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri 21 Samarinda bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa dalam meningkatkan literasi digital dengan fokus pada pelatihan pembuatan landing page portofolio dengan HTML dan CSS menggunakan VSCode. Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup pembentukan struktur dan persiapan, survei dan perizinan, survei lab komputer dan instalasi, membuat modul dan mempersiapkan materi, tester dan gladi, pelaksanaan pelatihan, serta evaluasi. Hasil menunjukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri 21 Samarinda telah terlaksanakan dengan baik dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 25 siswa Perempuan dan 11 siswa laki-laki. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi peserta, yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang teknologi dan informatika, meningkatkan motivasi peserta untuk mengembangkan potensi diri, dan meningkatkan daya saing peserta dalam menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

References

Undang-undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.” Accessed: Nov. 30, 2023. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012

SMP Negeri 21 Samarinda, “Visi dan Misi SMP Negeri 21 Samarinda.” Accessed: Dec. 01, 2023. [Online]. Available: https://smpnegeri21samarinda.wordpress.com/

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “Metode.” Accessed: Nov. 30, 2023. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/metode

Johnson, B., & Christensen, L. (2017). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. SAGE Publications.

Simons, P. R. J. (2009). Rethinking the Curriculum: Embedding Moral and Spiritual Growth in Teaching and Learning. Routledge.

Thompson, J. L. (2014). Understanding Corporate Strategy. Cengage Learning EMEA.

Johnson, B., & Christensen, L. (2017). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. SAGE Publications.

Simons, P. R. J. (2009). Rethinking the Curriculum: Embedding Moral and Spiritual Growth in Teaching and Learning. Routledge.

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Masa, A. P. A., Setyadi, H. J., Yunus, A., Rapiq, R. A., Sagita, A. Y., Alifia, S. N., … Nurwahyu, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Landing Page Portofolio Menggunakan VScode di SMP Negeri 21 Samarinda. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 01–05. https://doi.org/10.30872/petisi.v2i1.1466

Most read articles by the same author(s)