Seminar Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi dengan Tema "Peranan Akademisi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Fasilitas dan Wawasan Masyarakat Kampung Ketupat Sebagai Aset Wisata Kota Samarinda"

Authors

  • Amin Padmo Azam Masa Universitas Mulawarman
  • Putut Pamilih Widagdo Universitas Mulawarman
  • Nur Inayah Al-Azhimah Universitas Mulawarman
  • Fadil Saputra Universitas Mulawarman
  • Rizky Chandra Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.734

Keywords:

Kampung Ketupat, Pengabdian Kepada Masyarakat, Seminar, Media Sosial

Abstract

Seminar ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membahas peran media sosial sebagai media promosi dalam meningkatkan pemberdayaan fasilitas dan wawasan masyarakat Kampung Ketupat sebagai aset wisata di Kota Samarinda, dengan fokus pada peran akademisi dalam proses tersebut. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah minimnya pemahaman dan penggunaan media sosial oleh masyarakat Kampung Ketupat untuk mempromosikan potensi wisata mereka. Selain itu, peran akademisi dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas fasilitas juga perlu diperkuat. Seminar ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menyajikan informasi dan strategi terkini dalam pemanfaatan media sosial dan peran akademisi. Hasil dan pembahasan dari seminar ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki potensi besar dalam mempromosikan Kampung Ketupat sebagai aset wisata. Dalam sesi studi kasus, berbagai contoh sukses dari penggunaan media sosial oleh destinasi wisata lainnya disajikan. Selain itu, diskusi panel melibatkan akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan terkait, yang membahas strategi konkrit dalam memanfaatkan media sosial dan meningkatkan peran akademisi dalam pemberdayaan masyarakat. Simpulan dari seminar ini adalah bahwa media sosial memiliki peranan krusial dalam mempromosikan pemberdayaan fasilitas dan wawasan masyarakat Kampung Ketupat sebagai aset wisata. Melalui peningkatan peran akademisi dalam mendukung dan melibatkan masyarakat dalam penggunaan media sosial, Kampung Ketupat dapat menjadi destinasi wisata yang berkembang secara berkelanjutan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Pentingnya kolaborasi dan kerjasama antara akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya juga menjadi faktor kunci dalam mencapai tujuan tersebut.

Author Biographies

Amin Padmo Azam Masa, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Nur Inayah Al-Azhimah, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Fadil Saputra , Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Rizky Chandra, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

References

Anggraeni, L. (2018). Retrieved September 7, 2018, from http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/0k8L1edk-130-juta-penduduk-indonesia-sudah-pakai-medsos

Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Ghassani, Salsabil. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Proses Keputusan Pembelian Happy Go Lucky Bandung. Bandung: Telkom University

Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan media sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34-44.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).

Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran sosial bagi remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64-80.

Downloads

Published

15-06-2023

How to Cite

Masa, A. P. A. ., Widagdo, P. P., Al-Azhimah, N. I., Saputra , F., & Chandra, R. (2023). Seminar Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi dengan Tema "Peranan Akademisi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Fasilitas dan Wawasan Masyarakat Kampung Ketupat Sebagai Aset Wisata Kota Samarinda". Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.734

Most read articles by the same author(s)