Perancangan Desain Aplikasi Mobile Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur Menggunakan Figma

Authors

  • Muhammad Yasin Universitas Mulawarman
  • Putut Pamilih Widagdo Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v1i2.1144

Keywords:

Design, Pigma, Mobile, User Interface

Abstract

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang ditugaskan kepada Daerah Provinsi Kalimantan Timur.  Salah satu tugas fungsinya adalah perumusan perencanaan, pembinaan, koordinasi, dan pengendalian bidang usaha ekonomi masyarakat, sumber daya alam dan teknologi tepat guna. Dalam kegiatan operasional terdapat kendala dalam hal efisiensi dalam penggunaan teknologi informasi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur. Salah satu contoh kasus yaitu kurang optimalnya penggunaan website yang sudah tersedia untuk melakukan pemrosesan surat masuk dan surat keluar yang masih  menggunakan salinan berkas/ fotocopy, sehingga dari permasalahan ini maka diperlukan desain aplikasi mobile untuk dapat dimanfaatkan sebagai media pertukaran informasi untuk pegawai di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur dengan harapan desain tersebut dapat dikembangkan untuk menjadi sebuah aplikasi, agar kedepannya aktivitas kerja menjadi lebih mudah, dan dengan menu yang disediakan oleh aplikasi ini, pegawai akan lebih efisien untuk mengerjakan surat masuk dan surat keluar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan melakukan perancangan desain aplikasi mobile pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur dengan hasil akhir membantu dalam mempermudah pembuatan aplikasi mobile yang  tentunya akan mempercepat proses untuk menghemat waktu dalam pembuatan karena hasil perancangan desain  aplikasi ini telah disesuaikan dengan kebutuhan dari pegawai di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimatan Timur.

Author Biography

Muhammad Yasin, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

References

Alawiah, E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 3(1), 24-29.

Anggara, D. A., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux. KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 4(1), 58-74.

Asnal, H., Junadhi, Jamaris, M., Mardainis, & Irawan, Y. (2022). Workshop UI/UX Design dan PrototypingDengan Figma di SMK Taruna Masmur Pekanbaru. J-PEMAS STMIK Amik Riau, 3(1), 18-25.

Dharmawan, A., & Sitorus, A. F. (2019). Studi Komparatif User Experience Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Elemen Desain Studi Kasus Aplikasi Grab Dan Gojek. Jurnal SISTEM INFORMASI, 1(2), 15-24.

Efendi, Y., Perdana, I., Raihan, M., Muzawi, R., Utami, N., & Tashid. (2022). IOS-Based Mobile Service Ordering Application Using Wireframe and Figma. JAIA –Journal Of Artificial Intelligence And Applications, 2(2), 1-7.

Fariyanto, F., Suaidah, & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52-60.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208-219.

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 13-20.

SIDAURUK, D. N. (2020). Perancangan Design Aplikasi Mobile Portal Layanan Dkis (Disiplin Kreatif Inovatif Sinergis). Laporan Praktik Kerja Lapangan/Kerja Praktik Kerja Praktik Di Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Cirebon.

Sulistiya, M., Fitri, D. M., Azizah, N., Herlina, & Setyorini, R. I. (2021). Perancangan Aplikasi MONEY BOX Dengan Menggunakan Figma. JIFTI -Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, 3(1), 11-22.

Susilo, E., Wijaya, F. D., & Hartanto, R. (2018). Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. JNTETI, 7(2), 150-157.

Yastin, D. N., Suseno, B. H., & Arifin, V. (2020). Evaluasi Dan Perbaikan Desain User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Mobile Siaran Tangsel Menggunakan Metode Goal Direct Design (GDD). Jurnal Teknik Informatika, 13(2), 157-170.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Yasin, M., & Widagdo, P. P. (2023). Perancangan Desain Aplikasi Mobile Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur Menggunakan Figma . Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(2), 39–50. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i2.1144