Pembuatan Video Alur Pelayanan Kepegawaian pada Sub Bagian Pembinaan di Kejaksaan Negeri Samarinda dengan Powtoon sebagai Media Informasi

Authors

  • Eka Desi Puji Astuti Universitas Mulawarman
  • Putut Pamilih Widagdo Universitas Mulawarman
  • Akhmad Irsyad Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.782

Keywords:

Media Informasi, Layanan, Kepegawaian

Abstract

Kejaksaan Negeri Samarinda atau biasa disingkat KEJARI menggunakan Website dan Instagram sebagai pilihan platform media informasi. Konten dari Website dan Instagram mereka adalah desain yang berisikan tentang informasi kegiatan kejaksaan, seperti artikel, video, dan lainnya. Pembuatan video ini bertujuan agar memberi atau menambah informasi kepada para pegawai dalam pengajuan berkas kenaikan pangkat di Kejaksaan Negeri Samarinda. Proses pengambilan data diperoleh dari hasil observasi dan pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan alur pelayanan kepegawaian sub bagian pembinaan pada Kejaksaan Negeri Samarinda. Pembuatan video ini menggunakan software Powtoon dengan menggunakan Metodologi Pengembangan Multimedia menurut Luther-Sutopo memiliki 6 (enam) tahap yaitu Concept, Design, Assembly, Testing, dan Ditribution. Berdasarkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang telah dilakukan di Kejaksaan Negeri Kota Samarinda, dapat disimpulkan bahwa perlunya ada peningkatan dalam penerapan media informasi videografi untuk meningkatkan pengetahuan pegawai.

Author Biographies

Putut Pamilih Widagdo, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Akhmad Irsyad, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

References

Auliya, A. (2020). Pembuatan Video Dokumenter Untuk Promosi Pada Perusahaan Star Enterprise. Depok: TIK Politeknik Jakarta.

Ibnu, Y. (2022, May 18). Bahas Secara Tuntas Pengertian dari Videografi. Retrieved from PortalDekave: https://www.portaldekave.com/artikel/bahas-secara-tuntas-pengertian-darivideografi.

Laksana, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Novitasari, C. (2021, September 16). Metode Pengembangan Multimedia Menurut Luther-Sutopo. Retrieved from Pelajarindo.com: https://pelajarindo.com/metodepengembangan-multimedia-menurut-luther-sutopo/.

Nugraha, J. (2021, January 21). Pengertian Informasi beserta Jenis dan Fungsinya, perlu Diketahui. Retrived from merdeka.com: https://www.merdeka.com/jateng/pengertian-informasi-beserta-jenis-dan-fungsinya-perlu-diketahui-kln.html.

Powtoon, W. (2022). Video Maker | Make Videos and Animation Online | Powtoon. Retrieved from Powtoon: https://www.powtoon.com.

Restu. (2021). Media: Pengertian, Fungsi, dan Jenis yang Perlu Kamu Tahu. Retrived from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/literasi/media/.

Riadi, M. (2021, March 26). Praktik Kerja Lapangan (Pengertian, Tujuan, Manfaat, Pelaksanaan dan Penilaian). Retrieved from KajianPustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2021/03/praktik-kerja-lapangan.html.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowati, J. I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Adminika, 94-110.

Xo, S. (2022, May 21). Pengertian Video. Retrieved from cryptowi: https://www.cryptowi.com/pengertian-video/.

Downloads

Published

27-06-2023

How to Cite

Astuti, E. D. P., Widagdo, P. P., & Irsyad, A. . (2023). Pembuatan Video Alur Pelayanan Kepegawaian pada Sub Bagian Pembinaan di Kejaksaan Negeri Samarinda dengan Powtoon sebagai Media Informasi. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(1), 32–38. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.782