Analisis Penerimaan Google Classroom Sebagai Media Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dengan Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.426

Keywords:

Google Classroom, Universitas Mulawarman, Fakultas Teknik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Google Classroom dikalangan mahasiswa untuk belajar. Sampel data dari penelitian diambil dari responden yang mengisi kuisoiner dari Google Classroom yang telah dipersiapkan. Kemudian pengujian validitas data dari hasil kuisioner ini menggunakan software smart-PLS, yang mana data hasil software tersebut akan digunakan sebagai pengukuran tingkat penerimaan Google Classroom di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  penerimaan platform belajar online Google Classroom diterima dengan baik oleh mahasiswa, terbukti dari manfaat, kemudahan, penerimaan, penggunaan dan dalam situasi asli.

Author Biographies

  • Fakhmul Amal , Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Irwansyah, Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Abdillah Nur Ridho , Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • M. Rezieq Fadillah, Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Ridho Fahriza, Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Rifki Pratama , Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Amin Padmo Azam Masa, Mulawarman University

    Information Systems

References

Budiman, & Niqotaini, Z. (2021). Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 637-661.

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal penelitian matematika dan pendidikan matematika, 59-59.

Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2020). Analisa Penerimaan dan Penggunaan Teknologi GoogleClassroomDengan Technology Acceptance Model(TAM). Jurnal Riset Teknologidan Inovasi Pendidikan(JARTIKA), 247-255.

Rahman, I. A., Memon, A. H., & Karim, A. T. (2013). Examining factors affecting budget overrun of construction projects undertaken through management procurement method using PLS-SEM approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences 107, 20-128.

Wahyuni, H., Erwantiningsih, E., & Pudyaningsih, R. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom Pada Masa Pandemi . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 253-268.

Downloads

Published

25-11-2022

How to Cite

Analisis Penerimaan Google Classroom Sebagai Media Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dengan Technology Acceptance Model (TAM). (2022). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 85-90. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.426

Most read articles by the same author(s)