Analisis Penerimaan Google Classroom Sebagai Media Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dengan Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • Fakhmul Amal Universitas Mulawarman
  • Irwansyah Universitas Mulawarman
  • Abdillah Nur Ridho Universitas Mulawarman
  • M. Rezieq Fadillah Universitas Mulawarman
  • Ridho Fahriza Universitas Mulawarman
  • Rifki Pratama Universitas Mulawarman
  • Amin Padmo Azam Masa Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.426

Keywords:

Google Classroom, Universitas Mulawarman, Fakultas Teknik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Google Classroom dikalangan mahasiswa untuk belajar. Sampel data dari penelitian diambil dari responden yang mengisi kuisoiner dari Google Classroom yang telah dipersiapkan. Kemudian pengujian validitas data dari hasil kuisioner ini menggunakan software smart-PLS, yang mana data hasil software tersebut akan digunakan sebagai pengukuran tingkat penerimaan Google Classroom di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  penerimaan platform belajar online Google Classroom diterima dengan baik oleh mahasiswa, terbukti dari manfaat, kemudahan, penerimaan, penggunaan dan dalam situasi asli.

Author Biographies

Fakhmul Amal , Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Irwansyah, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Abdillah Nur Ridho , Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

M. Rezieq Fadillah, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Ridho Fahriza, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Rifki Pratama , Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Amin Padmo Azam Masa, Universitas Mulawarman

Information Systems

References

Budiman, & Niqotaini, Z. (2021). Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 637-661.

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal penelitian matematika dan pendidikan matematika, 59-59.

Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2020). Analisa Penerimaan dan Penggunaan Teknologi GoogleClassroomDengan Technology Acceptance Model(TAM). Jurnal Riset Teknologidan Inovasi Pendidikan(JARTIKA), 247-255.

Rahman, I. A., Memon, A. H., & Karim, A. T. (2013). Examining factors affecting budget overrun of construction projects undertaken through management procurement method using PLS-SEM approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences 107, 20-128.

Wahyuni, H., Erwantiningsih, E., & Pudyaningsih, R. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom Pada Masa Pandemi . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 253-268.

Downloads

Published

25-11-2022

How to Cite

Amal , F. ., Irwansyah, Ridho , A. N. ., Fadillah, M. R. ., Fahriza, R. ., Pratama , R., & Masa, A. P. A. (2022). Analisis Penerimaan Google Classroom Sebagai Media Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dengan Technology Acceptance Model (TAM). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 85–90. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.426

Most read articles by the same author(s)