Kesuksesan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.30Keywords:
Kesuksesan, Teknologi, Pembelajaran, zoom, Covid 19, PLS SEMAbstract
Pelaksanaan pendidikan pada masa pandemic Covid-19 sesaui himbauan pemerintah agar bekerja dari rumah, sehingga membutuhkan penyesuaian terhadap kegiatan pembelajaran yang harus tetap dilaksanakan. Pembelajaran secara daring memanfaatkan teknologi informasi berupa aplikasi yang dapat terhubung dengan banyak pengguna. Aplikasi yang diteliti adalah zoom. Analisis data yang dilakukan menggunakan PLS-SEM untuk melakukan pengujian terhadap Hipotesis yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh terhadap penggunaan zoom. Kepuasan pengguna dipengaruhi oleh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan dan penggunaan pada zoom. Sedangkan pada penggunaan dan kepuasan pengguna menjadi faktor yang mempengaruhi pengguna merasakan keuntungan dari zoom. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan aplikasi zoom sukses dipergunakan sebagai media pembelajaran daring di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.
References
Arifiyanti, R., Shobaruddin, M., & Wanto, A. H. (2020). Evaluation of the Perception of the Effectiveness of Financial Information Systems with the DeLone and McLean Methods. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 23(2), 105–113.
Astrachan, C. B., Patel, V. K., & Wanzenried, G. (2014). A comparative study of CB-SEM and PLS-SEM for theory development. Journal of Family Business Strategy, 5, 116–128.
Bodnar, G. H., & Hoopwood, Wi. S. (2000). Sistem Informasi Akutansi, Diterjemahkan oleh Amir Abadi jusuf dan R. M Tambunan (Edisi Keen). jakarta: Salemba Empat.
Chin, W. W. (1998). The partial least squares approachto structural equation modelling. In G. A. Marcoulides (Ed.), Modern Methods for Business Research. In Modern Methods for Business Research (pp. 295–336).
DeLone, W. H., & Mclean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95.
DeLone, W. H., & Mclean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems / Spring, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1073/pnas.0914199107
Hair, J. F., Hult, G. T., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks : Sage.
Hair, J. F., Ringgle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–151.
Lambuan, H., Mas’amah, & Letuna, M. A. N. (2019). Penggunaan Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pacaran Jarak Jauh. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8(2), 1362–1391.
Laudon, K. C., & Laudon, J. p. (2000). Management Information Systems, organization and Technology in The Networked Enterpise. New Jersey: Prentice-Hall.
Nunnaly, J., & Bernstein. (1994). Psychometric Theory. New York: McGraw-Hill.
Saputro, P. H., Budiyanto, D., & Santoso, J. (2015). Model Delone and Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan. Scientific Journal of Informatics, 2(1), 1–8.
Trihandayani, L. H., Aknuranda, I., & Mursityo, Y. T. (2018). Penerapan Model Kesuksesan Delone dan Mclean pada Website Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(12), 7074–7078.
Wibiwanto, T. M. (2020). Pemanfaatan Video Conference Dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Dalam Rangka Belajar Dari Rumah. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ATASI : Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.