Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terpadu Layanan Program Studi (SIPLO) Menggunakan System Usability Scale (SUS)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v2i2.387

Keywords:

Kepuasan Pengguna, SIPLO, SUS, Sistem Informasi

Abstract

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman menerapkan sistem informasi akademik yang bernama Sistem Informasi Terpadu Layanan Program Studi (SIPLO). SIPLO merupakan sistem informasi yang berisi akses informasi resmi dan layanan akademik. Dalam rangka mewujudkan SIPLO yang berkualitas, perlu dilakukan evaluasi yang mendalam mengenai SIPLO, evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna dan menganalisis permasalahan terhadap SIPLO dengan menggunakan metode system usability scale (SUS). Responden pada penelitian ini adalah dosen, staf dan mahasiswa aktif angkatan tahun 2019 sampai 2021 Program Studi Sistem Informasi. Analisis pengelolahan data dibantu dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Statistical Program For Social Science (SPSS) dan microsoft excel. Hasil analisis SIPLO dengan menggunakan metode SUS berdasarkan interpretasi terhadap  64,21 maka SIPLO mendapat Grade C, hasil Adjective terhadap SIPLO masih termasuk Ok dan Acceptability masuk kategori Marginal, ini berarti SIPLO masih dapat diterima secara umum oleh pengguna SIPLO. Sedangkan hasil tingkat Percentile Rank SIPLO yang memiliki  64,21 berada pada Percentile 40% berarti nilai Percentile Rank SIPLO masih kurang dalam kategori acceptable. Jadi hasil  64,21 yang sudah diinterpretasikan ke skala dan grafik SUS dapat diartikan bahwa SIPLO sudah dapat diterima dan digunakan oleh dosen, staf dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Terpadu Layanan Program Studi (SIPLO) Menggunakan System Usability Scale (SUS). (2023). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(2), 89-97. https://doi.org/10.30872/atasi.v2i2.387

Most read articles by the same author(s)