Pengaruh Penggunaan Zoom Terhadap Minat Pembelajaran Online atau Daring Menggunakan Metode Theory Planned Behaviour (TPB)

Authors

  • Dea Cahyaningrum Indra Astuti Universitas Mulawarman
  • Ummi Pratidina Universitas Mulawarman
  • Hesti Pratini Universitas Mulawarman
  • Bella Theressa Lawi Universitas Mulawarman
  • Achmadin Suryo Pinadekso Universitas Mulawarman
  • Eka Desi Puji Astuti Universitas Mulawarman
  • Putut Pamilih Widagdo Universitas Mulawarman
  • Amin Padmo Azam Masa Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.102

Keywords:

Belajar Daring, Zoom, Perilaku, Persepsi Pengendalian Diri, Norma Subjektif, Outer Loadings

Abstract

Metode belajar daring merupakan metode belajar tanpa ada pertemuan
tatap muka secara langsung antara pengajar dan pelajar. Metode belajar daring dilaksanakan dengan menggunakan media perangkat teknologi. Perangkat teknologi yang digunakan berupa perangkat keras dan perangkat lunak seperti aplikasi serta website. Salah satu perangkat lunak yang marak digunakan untuk belajar daring adalah Zoom. Zoom merupakan perangkat lunak online meeting yang bisa berisikan ribuan orang dalam sebuah meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadikan aplikasi belajar online dapat meningkatkan minat pembelajaran online atau daring. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara empiris bahwa sikap terhadap perilaku, persepsi pengendalian diri, dan norma subjektif diidentifikasi sebagai faktor yang berpengaruh terhadap niat. Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa nilai Outer loadings menggambarkan besarnya korelasi antar setiap item pengukuran (indikator) terhadap variabelnya, terdapat 2 indikator dengan nilai Outer loadings dibawah nilai 0.6.

Author Biography

Amin Padmo Azam Masa, Universitas Mulawarman

Information Systems

References

Ajzen, I. 1991. Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, Volume 50.

Ajzen, I. 2004. Questions Raised by a Reasoned action Approach:Comment on Ogden. Healty Psychology.

Ajzen, I. 2006. Constructing a TPB Questionnaire:Conceptual and Methodological Considerations. [Online] Available at: http://www.people.umass.edu [Accessed 9 June 2021].

Cruz, L. D.,Suprapti, N. W. S., Yasa, N. N. K., 2015. Aplikasi Theory of Planned Behavior Dalam Membangkitkan Niat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpaz Dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Dewanti, R. L. 2014. Prediksi Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior. Telaah Bisnis.

Haghighi, M. 2012. An Application of the Theory of Planned behavior (TBP) in describing Customers‟ Use of Cash Cards in Points of Sale (POS). International Journal of Learning and Development.

Hanafy, M. S. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol 17, No. 1.

Jung Lee, F. A. C. a. J. L. 2010. Theory of Planned Behavior and Teachers Decisions Regarding Use of Educational Technology. Educational Technology and Society..Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik.

Nugroho, M. Agil. 2020. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume 03, Nomor 01, Maret 2020, Hal. 42 - 46.

Sigit, M. 2006. Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Close Up. Jurnal Siasat Bisnis, Volume 11.

Suryabrata,S. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta.

Yakasai, A. B. M. 2015. Testing the Theory of Planned Behavior in Determining Intention to Use Digital Coupon among University Students. International Accounting and Business Conference.

Downloads

Published

28-06-2022

How to Cite

Astuti, D. C. I., Pratidina, U., Pratini, H., Lawi, B. T., Pinadekso, A. S., Astuti, E. D. P., … Masa, A. P. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Zoom Terhadap Minat Pembelajaran Online atau Daring Menggunakan Metode Theory Planned Behaviour (TPB). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(1), 74–84. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.102

Most read articles by the same author(s)