Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi E-Commerce Shopee Dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v3i1.1183Keywords:
User Experience, E-commerce, user experience questionnaire, ueq data analysis toolAbstract
E-Commerce Merupakan Sebuah toko digital dimana di dalamnya terdapat penjual dan pembeli tanpa harus bertemu satu sama lain. E-Commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi komersial atau perdagangan barang dan jasa dengan menggunakan sarana elektronik. Berdasarkan penjabaran di atas, pada penelitian ini yang di uji ialah Shopee dan Tokopedia antara masing masing aplikasi dan perbandingan keduanya. Tujuan penelitian ini adalalah untuk untuk membandingkan UX para pengguna dari ke dua aplikasi e-commerce Shopee dan Tokopedia dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi e-commerce Shopee dan Tokopedia dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisis Data dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool. Hasil penelitian ini adalah ditemukan bahwa semua aspek-aspek mendapatkan nilai evaluasi positif pada semua aspek yang di mana diketahui bahwa skala stimulation pada Shopee dengan nilai (mean 1,45) mendapatkan nilai good (bagus). Untuk skala attractiveness (mean 1,55), perspicuity (mean 1,66), efficiency (mean 1,39), dependability (mean 1,38), dan novelty (mean 0,92) mendapatkan nilai above average (diatas rata- rata). Sementara pada Tokopedia skala efficiency (mean 1,53) dan stimulation (mean 1,43) mendapatkan nilai good (bagus). Untuk Skala attractiveness (mean 1,53), perspicuity (mean 1,68), dependability (mean 1,43), dan novelty (mean 1,05) mendapatkan nilai above average (diatas rata- rata).
References
Ardin, A. F., Putra, P., Oktadini, N. R., Meiriza, A., & Sevtiyuni, P. E. (2022). Evaluasi User Experience Aplikasi Tokopedia Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Ilmiah Indonesia, 7. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6
Fernando, F. (2020). Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang. Jurnal Tanra Desain Komunikasi Visual, 7. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=K79mEAAAQBAJ
Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25, 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389
Janah, F. N., Wahyuningsih, G., & Pusparini, M. D. (2019). Strategi Promosi Tokopedia Dalam Perspektif Hukum Islam. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 1(1), 85–100. https://doi.org/10.20885/tullab.vol1.iss1.art6
Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41–46.
Kresnanto, M. A., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada RedDoorz dan Airy). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(10), 3637–3646. http://j-ptiik.ub.ac.id
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5, 25–29. https://doi.org/10.23887/ijnse.v5i
Shopee. (2022). Shopee. Shopee Careers. https://careers.shopee.co.id/about
Statista. (2022). Statista Indonesia Top 10 E - Commerce Sites. Statista. https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/
Tokopedia. (2022). Tokopedia Bisnis Kami. PT Tokopedia. https://www.tokopedia.com/about/our-business/#mkt-section
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.