Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi E-Commerce Shopee Dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Authors

  • Dhiya Ulhaq Universitas Mulawarman
  • Amin Padmo Azam Masa Universitas Mulawarman
  • Hario Jati Setyadi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v3i1.1183

Keywords:

User Experience, E-commerce, user experience questionnaire, ueq data analysis tool

Abstract

E-Commerce Merupakan Sebuah toko digital dimana di dalamnya terdapat penjual dan pembeli tanpa harus bertemu satu sama lain. E-Commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi komersial atau perdagangan barang dan jasa dengan menggunakan sarana elektronik. Berdasarkan penjabaran di atas, pada penelitian ini yang di uji ialah Shopee dan Tokopedia antara masing masing aplikasi dan perbandingan keduanya. Tujuan penelitian ini adalalah untuk untuk membandingkan UX para pengguna dari ke dua aplikasi e-commerce Shopee dan Tokopedia dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi e-commerce Shopee dan Tokopedia dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisis Data dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool. Hasil penelitian ini adalah ditemukan bahwa semua aspek-aspek mendapatkan nilai evaluasi positif pada semua aspek yang di mana diketahui bahwa skala stimulation pada Shopee dengan nilai (mean 1,45) mendapatkan nilai good (bagus). Untuk skala attractiveness (mean 1,55), perspicuity (mean 1,66), efficiency (mean 1,39),  dependability (mean 1,38), dan novelty (mean 0,92) mendapatkan nilai above average (diatas rata- rata). Sementara pada Tokopedia skala efficiency (mean 1,53) dan stimulation (mean 1,43) mendapatkan nilai good (bagus). Untuk Skala attractiveness (mean 1,53), perspicuity (mean 1,68), dependability (mean 1,43), dan novelty (mean 1,05) mendapatkan nilai above average (diatas rata- rata).

References

Ardin, A. F., Putra, P., Oktadini, N. R., Meiriza, A., & Sevtiyuni, P. E. (2022). Evaluasi User Experience Aplikasi Tokopedia Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Ilmiah Indonesia, 7. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6

Fernando, F. (2020). Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang. Jurnal Tanra Desain Komunikasi Visual, 7. https://ojs.unm.ac.id/tanra/

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=K79mEAAAQBAJ

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25, 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389

Janah, F. N., Wahyuningsih, G., & Pusparini, M. D. (2019). Strategi Promosi Tokopedia Dalam Perspektif Hukum Islam. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 1(1), 85–100. https://doi.org/10.20885/tullab.vol1.iss1.art6

Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41–46.

Kresnanto, M. A., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada RedDoorz dan Airy). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(10), 3637–3646. http://j-ptiik.ub.ac.id

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5, 25–29. https://doi.org/10.23887/ijnse.v5i

Shopee. (2022). Shopee. Shopee Careers. https://careers.shopee.co.id/about

Statista. (2022). Statista Indonesia Top 10 E - Commerce Sites. Statista. https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/

Tokopedia. (2022). Tokopedia Bisnis Kami. PT Tokopedia. https://www.tokopedia.com/about/our-business/#mkt-section

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Ulhaq, D., Masa, A. P. A., & Setyadi, H. J. (2024). Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi E-Commerce Shopee Dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 3(1), 37–44. https://doi.org/10.30872/atasi.v3i1.1183

Most read articles by the same author(s)