PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

(Studi Kasus : SMA Negeri 2 Kota Bangun)

Authors

  • Sapna Yolandani Universitas Mulawarman
  • Putut Pamilih Widagdo Universitas Mulawarman
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v3i2.783

Keywords:

Webqual 4.0, Ussability, Information quality, Interaction quality, User satisfaction

Abstract

Sebagai wadah informasi bagi siswa, website SMA N 2 Kota Bangun harus memiliki kualitas yang baik dalam penyampaian informasi dan pelayanan. Informasi pada website penerimaan siswa SMA N 2 Kota Bangun sudah terbilang canggih karena mengikuti perkembangan teknologi, akan tetapi Perlu adanya pengukuran kualitas pada website SMA N 2 Kota Bangun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kualitas website SMA N 2 Kota Bangun terhadap kepuasaan pengguna pada SMA N 2 Kota Bangun Menggunakan metode webqual 4.0. Penelitian ini menggunakan Webqual 4.0 yang disusun dalam empat variabel yaitu Usability (kemudahan pengguna), Information quality (kualitas informasi),  Interaction quality (kualitas layanan), dan User Satisfaction (kepuasan pengguna). Sampel dari penelitian ini meliputi 175 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin dan menggunakan Teknik random sampling. Dari hasil Uji T menunjukan bahwa variabel kualitas kegunaan dan variabel kualitas interaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna, sedangkan variabel kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna. Sehingga diberikan rekomendasi berdasarkan 3 variabel independen dari webqual. Rekomendasi tersebut adalah menambahkan fitur – fitur baru untuk  melengkapi kebutuhan user, melakukan update informasi pada website secara terjadwal dan melengkapi fitur kolom chat sebagai sarana penunjang kualitas website. Dengan rekomendasi tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas website SMA N 2 Kota Bangun.

References

Budiaji, W. (2021). LIKERT ( The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale ). Research Gate, July. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy
De Lima, R., Padmowati, E., & Buditama, A. T. (2019). Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 715–719. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website Madrasah Negeri Palembang Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Stimik PalComTech.
Latief, M. I., & Canta, D. S. (2022). Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara Menggunakan Metode Webqual 4 . 0. Jurnal Locus : Penelitian & Pengabdian, 1(3), 120–130. https://doi.org/10.36418/locus.v1i03.18
Monalisa, S., Sistem, J., Fakultas, I., Dan, S., Uin, T., Riau, S., Soebrantas, J. H., 155, N., & Baru, S. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN Suska Riau). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 13(2), 181–189. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin
Mukti, N., & Suryani, E. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Website Jurnal Online dengan Menggunakan Metode Webqual ( Studi Kasus Buletin Penelitian Sistem Kesehatan ). Teknikom, 2(1), 1–5.
Mustopa, A., Agustiani, S., Wildah, S. K., & Maysaroh, M. (2020). Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Perspektif, 18(1), 75–81. https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7413
Riadi, D. (2016). Statistika Penelitian ( Analisis Manual dan IBM SPSS). CV. Andi Offset.
Rifqi Firdaus, M., Silvi Purnia, D., Handayani, K., & Fahmi Julianto, M. (2020). Analisis Pengukuran Kualitas Website Cakrawalamedia.Co.Id Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), 1–7.
Yodi, Y. (2018). Analisis Kualitas Situs Web Batampos Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 591–596. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.501

Downloads

Published

27-12-2024

How to Cite

Yolandani, S., Widagdo, P. P., & Kamila, V. Z. (2024). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 : (Studi Kasus : SMA Negeri 2 Kota Bangun). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 3(2), 54–61. https://doi.org/10.30872/atasi.v3i2.783

Most read articles by the same author(s)