Optimasi Google Search Engine dan Google Lens untuk Media Belajar Siswa dan Guru SMP IT Tursina Samarinda

Authors

  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman
  • Viandra Trilia Arinzha Universitas Mulawarman
  • Muchlis Fadillah Universitas Mulawarman
  • Muhammad Alyfansyah Rizky Anggara Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v1i2.822

Keywords:

Media Belajar, Google Lens, Google Search Engine

Abstract

Keterbatasan fasilitas laboratorium di sekolah akan menjadikan sekolah kurang memiliki nilai tambah dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Kondisi inilah yang akhirnya membuat SMP IT Tursina Samarinda mempertimbagkan untuk mengoptimasi fitur-fitur gratis yang ada pada . HP/Ponsel (smartphone) dan Laptop. Salah satu fitur yang handal untuk melakukan pencarian materi ataupun melakukan berbagai penggalian informasi dan ilmu adalah dengan Google Search Engine dan Google Lens. Sekolah tidak boleh hanya melarang penggunaan HP/Ponsel di sekolah, tapi juga harus melihat sudut pandang kegunaannya untuk peningkatan pengetahuan para siswa. Sehingga HP/Ponsel tidak hanya dilihat sebagai alat hiburan atau bermain game namun juga sebagai media belajar untuk para siswa. Dengan dilakukannya pelatihan dan sosialisasi aplikasi-aplikasi tersebut, diharapkan SMP IT Tursina Samarinda memiliki nilai tambah sekolah dan menjadi awal dari pengembangan media pembelajaran baru di sekolah dengan fasilitas komputer kurang memadai.

 

References

dapo kemdikbud, “Data Sekolah SMP IT Tursina Samarinda,” 2023. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/28DFAF0DD30D16111205 (accessed Apr. 10, 2023).

Z. I. Bilyk, Y. B. Shapovalov, V. B. Shapovalov, A. P. Megalinska, F. Andruszkiewicz, and A. Dołhańczuk-Śródka, “Assessment of mobile phone applications feasibility on plant recognition: comparison with Google Lens AR-app,” 2020.

Y. Shapovalov, Z. Bilyk, and V. Shapovalov, “Systematical overwide of google lens efficiency during stem classes,” 2021.

V. T. Nguyen, “Determinants of Intention to use Google Lens,” Int. J. Inf. Sci. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 4–11, 2021.

B. Lucia, M. A. Vetter, and O. Moroz, “The rhetoric of Google Lens: A postsymbolic look at locative media,” Rhetor. Rev., vol. 40, no. 1, pp. 75–89, 2021.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Kamila, V. Z., Arinzha , V. T., Fadillah , M., & Anggara, M. A. R. (2023). Optimasi Google Search Engine dan Google Lens untuk Media Belajar Siswa dan Guru SMP IT Tursina Samarinda. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(2), 51–54. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i2.822