Pelatihan Pembuatan Portofolio Digital Melalui Platform LinkedIn Pada Siswa SMKN 1 Tenggarong

Authors

  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman
  • Islamiyah Universitas Mulawarman
  • Muhammad Putra Wibisono Universitas Mulawarman
  • Muhammad Raza Daffa Gibrani Universitas Mulawarman
  • Ulya Nur Chamidah Universitas Mulawarman
  • Fadillah Jaga Pratama Universitas Mulawarman
  • Selamat Riyandi Universitas Mulawarman
  • Mufidah Luthfiany Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v2i1.1458

Keywords:

LinkedIn, Media Sosial, pelatihan, era digital

Abstract

Dalam era digital yang berkembang pesat saat ini, pembuatan portofolio digital menjadi suatu aspek kunci dalam mempersiapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. LinkedIn, sebagai salah satu platform media sosial profesional terkemuka, menawarkan kesempatan untuk siswa SMK untuk membangun portofolio digital yang baik. Namun, masih banyak siswa SMK yang kurang memahami bagaimana memanfaatkan LinkedIn secara efektif untuk menciptakan portofolio digital yang memikat. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa SMK dalam pembuatan portofolio digital dengan menggunakan platform LinkedIn. Melalui pelatihan ini, siswa akan dapat mengoptimalkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMK.

References

Kemristekdikti. (2017). Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Diakses dari: https://www.ristekdikti.go.id/download/Pedoman%20Pengabdian%20Kepada%20Masyarakat%20Edisi%20Revisi.pdf

Suharsono, A., & Suroso, F. S. (2019). Kontribusi Pengabdian Kepada Masyarakat Terhadap Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 360-373.

Yunus, M. M., & Umar, M. (2020). Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding SENDI_U, 5(1), 77-82.

Sabran, S. (2020). Pengembangan Portofolio Digital untuk Peningkatan Kesempatan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika di UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(2), 88-97.

Poerwadarminta, W.J.S. (Ed.). (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Oxford Languages. (2024). Definition of Method. Oxford University Press.

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University: What the Student Does (4th ed.). Open University Press.

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2004). Principles of Instructional Design (5th ed.). Wadsworth Publishing.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. PT Angkasa.

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Kamila, V. Z., Islamiyah, Wibisono, M. P., Gibrani, M. R. D., Chamidah , U. N., Pratama, F. J., … Luthfiany , M. (2024). Pelatihan Pembuatan Portofolio Digital Melalui Platform LinkedIn Pada Siswa SMKN 1 Tenggarong. Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 06–10. https://doi.org/10.30872/petisi.v2i1.1458