Efektivitas Audit Internal, Kepercayaan, dan Partisipasi Anggota sebagai Penentu Kinerja Koperasi

Authors

  • Ferdinandus Feto Universitas Borneo Tarakan, Indonesia.
  • Mohamad Nur Utomo Universitas Borneo Tarakan, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2575

Keywords:

Persepsi Kualitas, Kepercayaan Anggota, Partisipasi Anggota, Efektivitas Audit Internal, Kinerja Koperasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan anggota, dan partisipasi anggota terhadap kinerja koperasi, serta menguji peran efektivitas audit internal sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei, di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian, yang melibatkan 125 anggota KSP CU Femung Pebaya di Kabupaten Malinau. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan anggota, dan partisipasi anggota memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja koperasi. Namun, efektivitas audit internal tidak berperan sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara kualitas pelayanan, kepercayaan anggota, maupun partisipasi anggota terhadap kinerja koperasi. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan menunjukkan bahwa efektivitas audit internal tidak mendukung perannya sebagai variabel moderasi. Secara praktis, temuan ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajerial koperasi bahwa audit internal tetap merupakan elemen penting sebagai pendukung dalam meningkatkan kinerja koperasi.

References

Adela, Aqila Shafa dan Tuti Karyani.2022.Pengaruh Partisipasi Anggota terhadap Keberhasilan Koperasi Produsen Kopi Margamulya Kecamatan Penelengan Kabupaten Bandung. Jurnal Agrikultura2022, 33 (1): 35 - 47

Anggoro, I. D. (2017). Pengaruh Partisipasi Anggota, Kepemimpinan Pengurus, dan Prinsip Pemberian Kredit terhadap KeberhasilanUsaha Koperasi Pergawai Republik Indonesia (KPRI) Rasa Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pendidikan DanEkonomi, 6 (4), 311–318.

Apriadi, D., & Lestari, F. (2023, August). Exploring the Impact of Tourist Facilities on Consumer Satisfaction at Pantai Pinus, Tarakan City: A Case Study on Attractions, Amenities, Accessibilities, and Infrastructure. In Proceeding Of The Borneo International Conference Of Management, Accounting And Economy (Vol. 1, No. 1, pp. 987-1000).

Baswir, Revrison. (2000). Koperasi Indonesia. Edisi Pertama. Yogyakarta:BPFE Bekti, R.D., dkk. 2017. “Analisis Pengaruh Lokasi dan Karakteristik Konsumen Dalam Memilih Minimarket Dengan Metode Logistikdan CART”. Media Statistika VoI. 10 No. 2. 119-130.

Blogon, Maria Vionsiana, Yosefina Andia Dekrita dan Cicilia Ayu Wulandari Nuwa.2023. hƩp://ejurnal.sƟe-trianandra.ac.id/index.php

Cahyoadi, B., & Zamzami, M. Y. (2019). Meningkatkan Citra Kampus Melalui Kualitas Layanan, Fasilitas Pendukung Pembelajaran, Kompetensi Dosen dan Kepuasan Mahasiswa sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 79–91.

CU, KSP. Femung Pebaya. 2018. Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018. KSP. CU. Femung Pebaya Malinau.

CU, KSP. Femung Pebaya. 2019. Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019. KSP. CU. Femung Pebaya Malinau.

CU, KSP. Femung Pebaya. 2020. Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020. KSP. CU. Femung Pebaya Malinau.

CU, KSP. Femung Pebaya.2021. Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021. KSP. CU. Femung Pebaya Malinau.

CU, KSP. Femung Pebaya.2022. Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022. KSP. CU. Femung Pebaya Malinau.

CU, KSP. Femung Pebaya.2023. Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023. KSP. CU. Femung Pebaya Malinau.

Gulo, Ermina, Irvana, dkk.2021. Analisis Pelayanan Koperasi CUBG Tp.Pamulang untuk Meningkatkan Kepuasan Anggota dengan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa). http://lebesgue.lppmbinabangsa/index.php.home

Hamzah, Muhammad Wilianto, Pupung Purnamasari dan Edi Sukarmanto.2017. Pengaruh Audit Internal terhadap Efektivitas Kinerja Peengurus Koperasi dalam Pencapaian Good Cooperative Governance. Jurnal Ekonomi Universitas Islam Bandung.

Hendar., Kusnadi. (2005). Ekonomo koperasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Ibrahim, L. P. A. S., and H. Subiyantoro. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keberhasilan Koperasi melalui Partisipasi Anggota sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 111-119. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i2.4783

Kartasapoetra, (2003). Praktek pengelolaan koperasi. Jakarta: Rineka Cipta

Kementerian Koperasi dan UKM RI. 2020.Permenkop dan UKM Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengawasan Koperasi (Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinajam dan Koperasi Syariah Simpan Pinjam).

Koro, L., & Ma, S. H. G. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi Tuke Jung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 61–73.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid I&II, Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Index.

Larasati, & Sari, P. I. (2018). Pengaruh Partisipasi dan Permodalan Anggota terhadap Kesejahteraan Anggota Koperasi Unit Desa Buluran Kenali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 2(1), 96–109.

Lestari, S., Makhdalena, & Syabrus, H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Partisipasi Anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2),1–11.

Munawir, S. (2010). Analisis laporan keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty.

Mutis, Thoby. (2001). Pengembangan koperasi. Jakarta:

GrasindoNuranto,Heri dan Firdaus Budhy Saputro. 2015. Pengukuran Tingkat Partisipasi Anggota dan Pengaruhnya terhadap Keberhasiln Koperasi. e-Journal Universitas Indraprasta PGRI.

Nursiva, Riska Tiara 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota yang Dimediasi oleh Citra Koperasi.http://pub.uni.ac.id/index.php/ipepa.

Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Ropke, J. 2003. Ekonomi Koperasi, Teori dan manajemen. Jakarta :Salemba Empat.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi, Konsep dan Teknil PenyusunanLaporan Keuangan. Jakarta: Erlangga

Sari, Lila Putri Arum dan Hari Subiyantoro.2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keberhasilan Koperasi melalui Partispasi Anggota sebagai VariabelIntervening.

Sugiyono.(2003) Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiastini, Ida Ayu Febri dan Ni Nyoman Yuliarmi. 2015. Pengaruh Partisipas Anggota terhadap Keberhasilan Koperasi Serba Usaha di Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 4 [3] : 210 – 219

Sunari, Nurul Azizah A. 2021, Pengaruh Kompentensi, Objektivita, Indenpendensi terhadap Efektivitas Audit Internal dengan Dukungan Manajemen sebagai Variabel Moderasi. Tesis. Universitas Hasanudin. Makassar.

Sutriayu, Nas, S., & Haryana, G. 2016. Pengaruh Pelayanan Koperasi terhadap Partisipasi Anggota KUD Tiga Koto Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa(JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–10.

Tamara, Leli. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pemustaka di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Bogor : Institut Pertanian Bogor, Tesis.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Bayumedia, Malang.

Umar, Husein. 2000.Trisnawati, D., Suarman, & Hendripides. (2018). Pengaruh Pelayanan danPartisipasi Anggota terhadap Keberhasilan Usaha KUD Karya Sembada Desa Batang Batindih Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–11.

Widiyanti, Ninik. (2002). Manajemen Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuswono, W. (2018).Pengaruh Partisipasi Anggota terhadapKeberhasilan Koperasi Serba Usaha (KSU) “Kharisma”

Desa Loyang Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 151–159.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Feto, F., & Utomo, M. N. (2025). Efektivitas Audit Internal, Kepercayaan, dan Partisipasi Anggota sebagai Penentu Kinerja Koperasi. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(1), 49–60. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2575

Issue

Section

Articles