Perbaikan Fasilitas Kampung Ketupat Dengan Tema "Peranan Akademisi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Fasilitas Dan Wawasan Masyarakat Kampung Ketupat Sebagai Aset Wisata Kota Samarinda"

Authors

  • Muhammad Labib Jundillah Mulawarman University
  • Hario Jati Setyadi Universitas Mulawarman
  • Romy Hakim Wardana Universitas Mulawarman
  • Muhammad Rizq Saputra Universitas Mulawarman
  • Afdinal Arif Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.738

Keywords:

Kampung Ketupat, Pengabdian Kepada Masyarakat, Perbaikan Fasilitas

Abstract

Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kampung Ketupat, destinasi wisata berbasis masyarakat di Kecamatan Samarinda Seberang. Fokus utama program ini adalah mengatasi masalah rendahnya pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dan minimnya upaya dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Dalam upaya menjaga, memelihara, dan melestarikan taman Kampung Ketupat sebagai aset wisata, kolaborasi antara peneliti dan masyarakat dilakukan dengan melakukan perbaikan fasilitas dan pengecatan ulang di sekitar monumen Kampung Ketupat. Melalui kerja bakti dan peningkatan kesadaran, program ini berhasil memberikan dampak positif yang signifikan. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan meningkat, sementara fasilitas di kampung tersebut mengalami perbaikan dan peningkatan kualitas. Secara keseluruhan, program pengabdian masyarakat di Kampung Ketupat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan lingkungan, fasilitas, dan hubungan masyarakat sekitar.

Author Biographies

Muhammad Labib Jundillah, Mulawarman University

Information Systems

Hario Jati Setyadi, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Romy Hakim Wardana, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Muhammad Rizq Saputra, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Afdinal Arif, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

References

Adisasmita, Rahardjo. 2010. Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang. Yogtakarta: Graha Ilmu

Anwar, Y., Setyasih, I., & Herlan, H. (2021). Partisipasi Masyarakat Terhadap Penanganan Permukiman Kumuh (Studi Kasus Di Kampung Ketupat Kecamatan Samarinda Seberang). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 584–591. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.702

Basuki, K. H., Rosa, N. M., & Alfin, E. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Menata Lingkungan Yang Asri, Nyaman Dan Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 1-9.

Fauzan Noor, M., Lanang Nala, W., Aisyiyah, F., Zulfiani, D., Negeri, P., Ciptomangunkusumo, S. J., & Seberang, S. (2020). Persepsi Pengunjung Terhadap Fasilitas Kampung Ketupat Warna Warni Samarinda (Visitors Perception Of Facilities In Colorful Kampung Ketupat Samarinda) (Vol. 2).

Herlina, E., Stai, R., Khalidiyah, A., & Kalimantan, S. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. 2(3), 122–130.

Minarni, E.W., Utami, D.S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan Budidaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal dan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 147–154.

Prasanti, D., & Fuady, I. (2017). Penyuluhan Program Literasi Informasi Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Sanitasi bagi Masyarakat di Kaki Gunung Burangrang Kab. Bandung Barat. Jppm: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 129. https://doi.org/10.30595/jppm.v1i2.1705

Program Studi Sistem Informasi. (2022). Laporan Pertanggung Jawaban Kegiatan Perbaikan Fasilitas Kampung Ketupat.

Sa’ban, L. M. A., Sadat, A., & Nazar, A. (2020). Jurnal PKM Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4365

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Wiyonoputri, W. T. (2008). “Citra Destinasi Pariwisata: Suatu Tinjauan Konseptual". Pariwisata Indonesia Menuju Destinasi Pariwisata BerdayaSaing.Vol 5, hlm 24-25., Vol 5, hlm 24-25.

Downloads

Published

13-06-2023

How to Cite

Jundillah, M. L., Setyadi, H. J., Wardana, R. H., Saputra, M. R., & Arif, A. . (2023). Perbaikan Fasilitas Kampung Ketupat Dengan Tema "Peranan Akademisi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Fasilitas Dan Wawasan Masyarakat Kampung Ketupat Sebagai Aset Wisata Kota Samarinda". Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Teknologi Dan Sistem Informasi (PETISI), 1(1), 14–19. https://doi.org/10.30872/petisi.v1i1.738