Penerapan Computerized Adaptive Test (CAT) Pada Ujian Semester Menggunakan Algoritma Teori Respon Butir Model 2 Pl Berbasis Web (Studi Kasus : Kelas Xi Sman 1 Muara Jawa Kota Samarinda)

Authors

  • Nadia Universitas Mulawarman
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman
  • Islamiyah Mulawarman University
  • Reza Wardhana Mulawarman University
  • Hario Jati Setyadi Mulawarman University

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.43

Keywords:

Computer, Test, Algoritma, Teori Respon Butir, Website

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem tes yang dilaksanakan di sekolah menjadi berbantuan komputer. Diharapkan sistem ini dapat menampung bank soal untuk keperluan tes, sehingga tidak lagi menggunakan kertas dan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan bank soal, serta kerahasiaan soal pun dapat terjaga. Sistem ini dikembangkan menjadi sebuah sistem online dimana sistem ini dapat berjalan di internet atau jaringan lokal. Pada dasarnya sistem ini hampir sama dengan sistem CBT (Computerized Based Testing), namun sistem CAT (Computerized Adaptive Test) dapat merandom dan memberikan soal sesuai dengan kemampuan pesertanya. Jadi jika siswa tersebut memiliki kemampuan rendah, maka sistem akan memberikan soal yang lebih mudah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat menampung bank soal yang biasa digunakan untuk keperluan tes dalam jumlah banyak. Sistem ini juga dapat merandom soal sesuai dengan kemampuan peserta dan dapat mempersingkat waktu pengerjaan tes, karena soal yang diberikan kepada para peserta rata-rata hanya sebanyak 20 sampai 21 butir soal. Jika estimasi kemampuan peserta sudah tercapai, maka sistem secara otomatis akan menghitung skor akhir dengan menggunakan rumus teori respon butir dan sistem pun berhenti, dan hasil akhir dari kedua pengujian secara manual dan secara sistem tersebut kurang lebih sama dengan tingkat kemiripan hasil akhir dengan persentase rata-rata sebanyak 83%. Sehingga penggunaan CAT adalah sistem yang tepat untuk siswa mengerjakan tes online di SMAN 1 Muara Jawa.

Author Biographies

Nadia, Universitas Mulawarman

Informatika

Islamiyah, Mulawarman University

Sistem Informasi

Reza Wardhana, Mulawarman University

Informatika

Hario Jati Setyadi, Mulawarman University

Sistem Informasi

References

Abadi, J., Arianti, B. D. D., & Wirasasmita, R. H. (2018). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 42.

Anggrenita, L. M., Muslim, I., & Saf, M. R. (2016). Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) Menggunakan Algoritma Fuzzy dengan Metode Tsukamoto Berbasis Web. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 5(1), 250–254.

Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP & MYSQL Secara Otodidak. Mediakita.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DOKTER BERBASSIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT YUKUM MEDICAL CENTRE ). 11(2), 30–37.

Fahrozi, W., & Harahap, C. B. (2018). Sistem Informasi Transparansi Nilai Mata Kuliah Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, 2(1), 56–62. http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUSIKOM/article/view/165

Furr, R. M., & Bacharach, V. R. (2007). Item Response Theory and Rasch Models. Psychometrics: An Introduction, 314–334.

Hadi, S. (2013). Pengembangan Aplikasi Computerized Adaptive Test Berbasis Web (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Hidayat, A. N., Nuril, A. T., & Aninda, A. (2017). Pengembangan Web Tool Computerized Adaptive Test Dengan Algoritma K-Means Untuk Clustering Soal Dan Pemilihan Butiran Test Dengan Fuzzy Logic. 25–32.

Hidayat, R. (2017). Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online Studi Kasus: Toko JAMBORESHOP. Jurnal Teknik Komputer, III(2), 90–96.

Kristiawan, B., & Sukadi. (2016). Pembuatan Sistem Informasi Persewaan Mobil. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JTIK) STMIK ProVisi Semarang, 7(4), 1–6.

Nasril, & Adri Yanto Saputra. (2016). Rancang bangun sistem informasi ujian online. Jurnal Lentera Ict, 3(1), 47–53.

No, V., Josi, A., & Josi, A. (2017). DESA ( STUDI KASUS DESA SUGIHAN KECAMATAN RAMBANG ) STMIK-MUSIRAWAS LUBUKLINGGAU. 9(1).

Nurdiansyah, I. A., & Kurniawan, E. S. (2020). JIPS : JURNAL INOVASI PENDIDIKAN SAINS Development of Computerized Adaptive Test Program for Physics Learning Outcomes Class X Student of SMK. 01(5), 27–32.

Nurmalasari, N., Anna, A., Arissusandi, R., Bina, U., & Informatika, S. (2019). Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 7 No . 2 September 2019 ISSN : 2338-8161 E-ISSN : 2657-0793. 7(2), 6–14.

Palasara, N., Sinnun, A., & Tabrani, M. (2018). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, 3(2), 103–110.

Risdansyah, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya Deni. Khatulistiwa Informatika, 5(2), 86–91.

Rosano, A. (2019). Pengujian Alpha dan Beta pada Pengembangan Sistem Internet Banking ( Ibank ) PT Bank Mega , Tbk. 3(2), 34–40.

Rosidah, N. A., Ramalis, T. R., & Suyana, I. (2013). Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis ( Kbk ) Bedasarkan Pendekatan Teori Respon Butir. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 54–63.

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas. JURNAL INTEGRASI, 9(1), 84. https://doi.org/10.30871/ji.v9i1.288

Saraswati, N. W. S., & Putra, D. M. D. U. (2015). Sistem Ujian Online Berbasis Website. S@CIES, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.31598/sacies.v6i1.78

Sidiq, A. B., & Kurniadi, D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web pada SMK N 1 Solok. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2), 44. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111521

Studi, P., & Informatika, T. (2016). Jurnal String Vol . 1 No . 1 Tahun 2016 ISSN : 2527 – 9661 PERANCANGAN DATABASE E-LEARNING MANAJEMEN SYSTEM Pendahuluan Tinjauan Pustaka ISSN : 2527 – 9661. 1(1), 65–73.

Susilowati, S., & Hidayat, T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online (Studi Kasus Pada SMAN 58 Jakarta). Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 30–36.

Sutisna, D. (2007). 7 Langkah Mudah Menjadi Webmaster. Mediakita.

Wahyuni, & Kusrini. (2017). Penerapan Computerized Adaptive Test Pada Tes Online Menggunakan Algoritma Teori Respon Butir Model 3 Pl. METIK, 1(2), 13–17.

Wati, A. T. (2019). Simulasi Penerapan Teori Respon Butir dalam Perakitan Perangkat Tes Bahasa Arab di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 99–109.

Wijianto, R., Anggoro, A. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran Seleksi Kerja Berbasis Web Pada Bkk (Bursa Kerja Khusus) Tunas Insan Karya Smk Negeri 2 Banyumas. Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 6(1), 76–84.

Wira, D., Putra, T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. 7(1).

Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan web based learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Informatika, 3(September), 176–182.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Nadia, Kamila, V. Z., Islamiyah, Wardhana, R., & Setyadi, H. J. (2022). Penerapan Computerized Adaptive Test (CAT) Pada Ujian Semester Menggunakan Algoritma Teori Respon Butir Model 2 Pl Berbasis Web (Studi Kasus : Kelas Xi Sman 1 Muara Jawa Kota Samarinda). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.43

Most read articles by the same author(s)