Analisis Perilaku Desainer dalam Memanfaatkan Software Figma untuk Mendesain

Authors

  • Herniyanti Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ananda Faris Hafidin Universitas Mulawarman
  • Eky Prasetya Universitas Mulawarman
  • Shabrina Universitas Mulawarman
  • Rosita Dewi Universitas Mulawarman
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.374

Keywords:

Figma, TAM2, Technology acceptance, SEM PLS

Abstract

Sebuah pekerjaan dapat dilakukan dalam berbagai macam bentuk. Bahkan terkadang sebuah pekerjaan dapat diperoleh hanya dengan bermodalkan suatu situs atau platform intenet saja. Figma merupakan editor grafis vektor dan alat prototyping dengan berbasis web serta fitur offline tambahan yang diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk Mac OS dan Windows. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penerimaan penggunaan Figma dalam memenuhi kebutuhan pengggunanya dan untuk mengetahui perilaku desainer dalam menggunakan Figma. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini mengenai pengaruh kinerja individu dalam menggunakan software Figma dalam bidang desain yaitu hasil penelitian ini memberikan bukti empiris terdapat pengaruh pelajar dan pekerja terhadap kinerja individu dalam bidang desain menggunakan software Figma.

Author Biographies

Muhammad Ananda Faris Hafidin, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Eky Prasetya, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Shabrina, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Rosita Dewi, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Vina Zahrotun Kamila, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

References

Alhabsyi, M. I., Sulistiowati, S., & Sutomo, E. (2017). Analisis Penerimaan Website E-Ticketing Menggunakan TAM 2 Pada Perusahaan KAHA Tours & Travel. Jsika, 7(1).

Azima, Y. F., Azizah, A. H., & Witjaksono, R. W. (2019). Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem ERP Pada Fungsi After Sales Menggunakan Model Technology Acceptance Model 2 (TAM2). JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri), 6(02), 65–71.

Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review.

Hidayati, A., Oktaviana, S., & Ismail, I. E. (2017). Analisa Perilaku Dosen dalam Memanfaatkan E-Learning di Lingkungan PNJ Menggunakan TAM2 (Technology Acceptance Model). Jurnal Multinetics, 3(2).

Jogiyanto, H. M. (2008). Metodologi penelitian sistem informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Razak, M., Hidayat, M., & Arwien, R. A. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Aplikasi Pegadaian Digital Service (Pds) Sebagai E-Service Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (Tam 2). SEIKO: Journal of Management & Business, 3(3), 92–108.

Roz, A. S., & Suyatno, D. F. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna terhadap Layanan Antrian Online di Imigrasi Surabaya menggunakan Metode TAM2 (Studi Kasus: Imigrasi Surabaya). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 1–9.

Downloads

Published

25-11-2022

How to Cite

Herniyanti, Hafidin, M. A. F. ., Prasetya, E., Shabrina, Dewi, R., & Kamila, V. Z. (2022). Analisis Perilaku Desainer dalam Memanfaatkan Software Figma untuk Mendesain. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 100–108. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.374