Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Masyarakat Kalimantan Timur

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.409

Keywords:

Shopee, e-commerce, TPB, Kalimantan Timur

Abstract

Shopee merupakan e-commerce dengan pengguna terbanyak di Indonesia pada tahun 2021. Pengguna tersebut juga meliputi dari Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai Provinsi yang akan menjadi lokasi ibukota baru, Kalimantan Timur memiliki potensi tinggi untuk perkembangan E-Commerce. Namun, diperlukan pengukuran untuk mengetahui seberapa besar penerimaan aplikasi e-commerce, khususnya Shopee pada masyarakat Kalimantan Timur. Maka dilakukanlah penelitian dengan menggunakan model TPB untuk mengetahui tingkat penerimaan penggunaan penggunaan e-commerce Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan skala likert lima kepada 228 responden untuk pengumpulan data yang akan dianalisis, dan dilakukan pengujian hipotesis.Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SMART PLS 3.2.9 Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menghasilkan, empat dari lima hipotesis diterima dan mendukung korelasi antara Behavioral Intention terhadap Behavior, menandakan adanya keterkaitan erat serta dukungan terhadap model TPB pada penelitian yang dilakukan.

Author Biographies

  • Alecia Maharani Ektya Antara, Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Awaliah Dwi Nur Fitriani, Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • I Gede Darmayana , Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Agnestia, Universitas Mulawarman

    Sistem Informasi

  • Jharmianto Kurnia Pasangkin, Mulawarman University

    Sistem Informasi

  • Islamiyah, Mulawarman University

    Sistem Informasi

References

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Reading MA : Addison-Wesley.

Ajzen, Icek. (1991). TPB Questionnaire Construction Constructing a Theory of Planned Behaviour Questionnaire. University of Massachusetts Amherst, 1–7.

Astrachan, C. B., Patel, V. K., & Wanzenried, G. (2014). A comparative study of CB-SEM and PLS-SEM for theory development. Journal of Family Business Strategy, 5, 116–128.

Bagozzi, R. P., & Yi, Y. (1988). On the evaluation of structural equation models. Journal of the Academy of Marketing Science, 16(1), 74–94. https://doi.org/10.1007/BF02723327

Cheng, B. L., & Yee, S. H. (2014). Factors Influencing Consumers’ Online Purchase Intention: A Study among University Students in Malaysia. International Journal of Liberal Arts and Social Science, 2(8), 2307–2924. https://doi.org/10.5539/ass.v10n9p18

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approachto structural equation modelling. In G. A. Marcoulides (Ed.), Modern Methods for Business Research. In Modern Methods for Business Research (pp. 295–336).

Hair Jr., J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107. https://doi.org/10.1504/ijmda.2017.10008574

Jogiyanto, H. (2017). Teori portofolio dan analisis investasi (edisi Kesebelas). Yogyakarta: BPFE, 762.

Litwin, M. (1995). How to Measure Survey Reliability and Validity. How to Measure Survey Reliability and Validity. https://doi.org/10.4135/9781483348957

Nunnally, J.C. and Bernstein, I. H. (1994). The Assessment of Reliability. Psychometric Theory, 3, 248-292.

Ru, L. J., Kowang, T. O., Long, C. S., Fun, F. S., & Fei, G. C. (2021). Factors Influencing Online Purchase Intention of Shopee’s Consumers in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(1), 761–776. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i1/8577

Werner, P. (2004). Reasoned action and planned behavior. In S. J. Peterson & T. S. Bredow (Eds.), Middle range theories: Application to nursing research. Reasoned Action and Planned Behavior, (2004), 125–147.

Downloads

Published

25-11-2022

How to Cite

Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Masyarakat Kalimantan Timur. (2022). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 115-121. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.409

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.