Evaluasi Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan terhadap Penggunaan PILAM dan E-Jurnal Menggunakan Technology Acceptance Model
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v4i2.3576Keywords:
Technology Acceptance Model; Perceived Ease of Use; Perceived Usefulness; Actual Use; Educational Information SystemsAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari persepsi terhadap kegunaan (Perceived Usefulness/PU) dan persepsi terhadap kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use/PEOU) terhadap tingkat penggunaan aktual (Actual Use/AU) dalam pemanfaatan aplikasi PILAM dan E-Jurnal oleh para guru serta staf pendidikan di MTsN 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi yang dibangun signifikan secara simultan, dengan nilai R Square sebesar 0,835 dan tingkat signifikansi p < 0,001, yang mengindikasikan bahwa PU dan PEOU secara kolektif berpengaruh terhadap AU. Namun, secara parsial hanya PEOU yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap AU (p < 0,001), sedangkan PU tidak memberikan pengaruh yang berarti (p = 0,100). Temuan ini mendukung kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM) yang diperkenalkan oleh Davis (1986), serta konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti pentingnya kemudahan penggunaan dalam memfasilitasi penerimaan teknologi. Di lingkungan MTsN 1 Jepara, guru dan staf cenderung lebih termotivasi untuk menggunakan aplikasi digital apabila sistem tersebut dirancang agar mudah dioperasikan dan tidak memerlukan upaya yang rumit. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembang sistem informasi pendidikan untuk mengutamakan desain antarmuka yang intuitif dan mudah diakses oleh pengguna.
References
Agama, K. (2023). Panduan Implementasi Aplikasi PILAM. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Alhumsi, M. H., & Alshaye, R. A. (2021). Applying technology acceptance model to Gauge University students’ perceptions of using blackboard in learning academic writing. Knowledge Management and E-Learning, 13(3), 316–333. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2021.13.017
Anggraini, R. P., Mubyarto, N., & Addiarrahman, A. (2023). Analisis Technology Acceptance Model dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Mobile Banking Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1573–1585.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.
Eki, A. (2023). Analisis Sistem Informasi Manajemen Sekolah Yang Dibutuhkan Di Indonesia. Visi Sosial Humaniora, 4(1), 50–57.
Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi.
Kristanti, T. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. 8(1), 238–251.
Kurnia, P., Wali, M., & Al-bahri, F. P. (2024). Penerapan Teknologi Barcode dalam Sistem Manajemen Surat untuk Peningkatan Otentikasi dan Efisiensi Dokumen. 3(1), 19–31.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (13th ed.). Pearson Education.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems (16th ed.). Pearson.
Muhammad Ardiansyah, Sanusi, Ilham Juliwardi, Mirna Ria Andini, Fachruddin, & Muhammad Usman. (2023). Analysis of the Technology Acceptance Model for Paid E-Learning Applications during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Inotera, 8(2), 346–351. https://doi.org/10.31572/inotera.vol8.iss2.2023.id269
Murillo, Gabriel García, Novoa-Hernández, Pavel, & Rodríguez, Rocío Serrano. (2020). Technology Acceptance Model and Moodle: A systematic mapping study. Information Development, 37(4), 617–632. https://doi.org/10.1177/0266666920959367
Nadia, A., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaa, Manfaat, Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Fintech DANA. Jurnal STIE, 1–17.
Nahuway, V. F. (2024). Manajemen Perkantoran Modern Di Era Digitalisasi : Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Administrasi Terapan, 3(1), 303–315.
Natalia, K., Ompusunggu, A. P., & Sarwono, J. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan E-Filing Dan Dampaknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kpp Pratama Gambir Tiga (Survei Pada Kpp Pratama Gambir Tiga Periode April-Juli 2017). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 186. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.1922
Nurdiansyah, E., Dhita, A. N., & Pratita, D. (2019). Analisis pemanfaatan jurnal elektronik oleh mahasiswa menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.27515
Nursiah, N. (2017). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Behavior Intention To Use. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(2), 39–47.
O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010). Management Information Systems (9th ed.). McGraw-Hill.
Qurrahman, Z. (2022). Jurnal DFD (Data Flow Diagram).
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. In AL-Ahya (Vol. 01, Issue 01).
Renaldy, M., & Susilowati, C. (2024). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Trust Terhadap Purchase Decision. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 3(1), 216–228. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.1.22
Rieka Maharani, M., & Osman, O. (2021a). The effect of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on The Use of E-learning with TAM Model in Faculty of Economics Student of Jakarta State University. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansi, 2(3), 55–67. http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa
Rieka Maharani, M., & Osman, O. (2021b). The effect of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on The Use of E-learning with TAM Model in Faculty of Economics Student of Jakarta State University. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansi, 2(3), 55–67.
Rofiqoh, I., & Zulhawati, Z. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis Dan Campuran. Pustaka Pelajar, 1, 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Rohiyatun, B. (2020). Manajemen Perkantoran Modern. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3127
Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2019). The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. Computers & Education, 128, 13–35. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.009
Sihaloho, T. P. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Efisiensi Administrasi Sekolah: Studi Kasus di Lingkungan Pendidikan Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 45–60. https://doi.org/xx.xxxx/xxxxxx
Sri Lestari, Yani Iriani, Murnawan, & Triandini Pramudita. (2024). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Pengguna Saat Menggunakan Aplikasi Mysipka Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 11(1), 62–67. https://doi.org/10.30656/jsii.v11i1.8433
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharti, T. (2025a). Penerapan Sistem Informasi Manajemen sebagai Upaya Modernisasi Administrasi Pendidikan di Madrasah. 3(1), 65–74.
Suharti, T. (2025b). Penerapan Sistem Informasi Manajemen sebagai Upaya Modernisasi Administrasi Pendidikan di Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 65–74.
Sutabri, T. (2012). Sistem Informasi Manajemen. Andi.
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions. Journal of the Association for Information Systems.
Warsita, B. (2023). Peran Digitalisasi Informal dalam Transformasi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran, 6(1), 30–38. https://jurnalteknologipendidikan.ac.id/warsita2023
Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue March). https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254
Wu, X., Wider, W., Wong, L. S., Chan, C. K., & Maidin, S. S. (2023). Integrating the technology acceptance model on online learning effectiveness of emerging adult learners in Guangzhou, China. International Journal of Education and Practice, 11(2), 129–140. https://doi.org/10.18488/61.v11i2.3282
Yusuf, R., Hendrayati, H., Adi Wibowo, L., & Hadiaty, F. (2020). Sistem Otomatisasi Kantor di Perusahaan Y Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.245
Zhang, C. (2010). Technology acceptance in learning settings from a student perspective: A theoretical framework. SIGITE’10 - Proceedings of the 2010 ACM Conference on Information Technology Education, 37–41. https://doi.org/10.1145/1867651.1867663
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










