Evaluasi Sistem Informasi Exambro Menggunakan User Satisfaction Green Pearson Pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v4i2.3575Keywords:
CBT, Exambro, Kepuasan Pengguna, Green Pearson, Evaluasi SistemAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak besar dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu implementasinya adalah penggunaan sistem Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaan ujian. SMK Negeri 1 Talang Ubi telah menerapkan aplikasi Exambro sebagai sistem pengaman dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap sistem Exambro menggunakan model User Satisfaction Green Pearson dengan empat indikator: Ease of Use, Customization, Download Delay, dan Content. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 81 responden siswa kelas XI dan XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (uji F). Namun secara parsial, hanya Ease of Use dan Content yang berpengaruh signifikan (uji t). Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pengguna, pengembangan sistem harus difokuskan pada kemudahan penggunaan dan kualitas konten. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan sistem CBT yang lebih efektif di lingkungan pendidikan.
References
Apriza, C., Sari, N. R., & Nurhayati, E. (2024). Analisis kualitas aplikasi ujian online pada SMAN 6 Palembang menggunakan model User Satisfaction Green Pearson. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 10(1), 45–52.
Ariyandhi, M. F. (2025). Evaluasi sistem informasi ujian berbasis komputer menggunakan model Green & Pearson pada jenjang pendidikan menengah. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 14(1), 65–73.
Cindy, L. (2023). Evaluasi kepuasan pengguna terhadap aplikasi CBT menggunakan pendekatan Green Pearson. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 12(2), 88–96.
Green, G., & Pearson, J. M. (2006). The examination of two web-based training systems using the Technology Acceptance Model. The Journal of Computer Information Systems, 46(4), 17–25.
Hidayat, Y. (2024). Pengaruh penggunaan CBT terhadap efektivitas pelaksanaan ujian sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 101–109.
Hijriani, F., Muludi, K., & Andini, A. (2016). Analisis sistem informasi akademik berbasis komputer. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 5(1), 13–20.
Mardiana, A. (2020). Evaluasi kepuasan pengguna sistem informasi menggunakan model Green & Pearson. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 57–65.
Palaloi, R., Sitorus, L., & Hidayat, M. (2023). Evaluasi sistem informasi akademik menggunakan metode User Satisfaction Green Pearson. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 10(2), 83–91.
Putri, N. A. (2023). Evaluasi sistem pembelajaran digital berbasis pengalaman pengguna. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(3), 122–130.
Sapitry, R. A. H., & Putri, M. P. (2023). Pengaruh kualitas aplikasi SMA Muhammadiyah 6 Palembang terhadap kepuasan pengguna. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 11(2), 88–95.
Setiawan, Y. (2023). Analisis kepuasan siswa terhadap sistem CBT menggunakan pendekatan Green Pearson. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi, 9(2), 55–63.
Susanto, A. (2023). Hubungan antara fitur sistem ujian online dan kepuasan pengguna di lingkungan sekolah menengah. Jurnal Ilmu Komputer dan Aplikasi, 11(1), 77–84.
Yogie, H. (2024). Implementasi sistem CBT berbasis Exambro di lingkungan sekolah menengah kejuruan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 33–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










