ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP WEBSITE E-LEARNING (MY-BEST) MENGGUNAKAN METODE EUCS

Authors

  • Jonathan Nathanael mahasiswa
  • Kresna Ramanda

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v3i2.1843

Keywords:

adopsi teknologi, ATASI : Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi

Abstract

Evolusi teknologi dan layanan sistem informasi telah membawa perubahan signifikan dalam cara pandang masyarakat, khususnya di bidang pendidikan dengan adopsi e-learning. E-learning, kombinasi dari electronic dan learning, adalah pembelajaran yang menggunakan perangkat elektronik dan internet. Universitas Bina Sarana Informatika memanfaatkan platform e-learning MY – BEST, yang menyediakan berbagai fitur pembelajaran seperti materi, tugas, forum diskusi, ujian online, dan absensi. Namun, beberapa dosen dan mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam penggunaannya. Penelitian ini mengukur efektivitas MY – BEST menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website e-learning MY – BEST, pengaruh dari variabel-variabel EUCS terhadap tingkat kepuasan mahasiswa, dan upaya yang dapat dilakukan Universitas Bina Sarana Informatika untuk meningkatkan kualitas website e-learning MY – BEST berdasarkan tingkat kepuasan mahasiswa. Hasil menunjukkan rata-rata kepuasan pengguna 3.91, mengindikasikan kepuasan yang baik. Dimensi isi mendapat nilai 4.06, keakuratan 4.04, format 3.56, kemudahan penggunaan 4.07, dan ketepatan waktu 3.85, semuanya menunjukkan korelasi positif. Berdasarkan analisis dan evaluasi, MY – BEST dianggap berhasil dalam kecepatan dan penyampaian informasi. Pengguna merasa puas dengan nilai rata-rata 3.91 dan tidak merasa kesulitan menggunakan platform ini dengan nilai kemudahan penggunaan sebesar 4.07. Kesimpulannya, MY – BEST efektif mendukung pembelajaran dan memberikan layanan memuaskan bagi pengguna.

References

Nama penulis: Nathanael Jonathan

Tahun penerbitan: 2024

Judul karya: ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP WEBSITE E-LEARNING (MY-BEST) MENGGUNAKAN METODE EUCS

Nama jurnal: ADOPSI TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI (ATASI)

Volume dan nomor: Vol. 1

Halaman: 1-38

Downloads

Published

27-12-2024

How to Cite

Nathanael, J., & Ramanda, K. (2024). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP WEBSITE E-LEARNING (MY-BEST) MENGGUNAKAN METODE EUCS. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 3(2), 33–39. https://doi.org/10.30872/atasi.v3i2.1843