Pengaruh Harga Paket dan Kualitas Jaringan terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Mimi Febriana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
  • Mulyati Mulyati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
  • Lilis Marlina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2913

Keywords:

Harga Paket, Kualitas Jaringan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga paket dan kualitas jaringan terhadap kepuasan pelanggan pengguna kartu XL Axiata pada mahasiswa STIE Yapis Dompu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendektan kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 92 responden. Intrusmen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu penyebaran kuisioner melalui Google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga paket maupun kualitas jaringan berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi harga yang kompetitif dan peningkatan kualitas jaringan dalam mempertahankan kepuasan pelanggan

References

Ahmad Amar (2012) ‘Perkembangan Teknologi Komunikasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya’, 13.

Albiansyah, Adji Bayu Seto and Azhar Arizal (2024) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Jaringan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Indihome Di Pt Telkom Indonesia, Tbk Wilayah Rt 008 Rw 002 Petukangan Selatan Jakrta Selatan’, 1.

Anggraini Fifin and Budiarti Anandhyta (2020) ‘Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek’.

Anggraini Yunita (2021) Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Puti Minang Di Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Rumah Makan Puti Minang Di Langkapura Kota Bandar Lampung ).

Anum, L., Fikri, K. and Akhmad, I. (2023) Pengaruh Kualitas Jaringan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Smartfren Di Pekanbaru. Available at: www.smartfren.com.

Ayuastuti Yunita (2023) ‘ANALISIS PENGARUH HARGA PAKET DAN KUALITAS JARINGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KARTU XL 4G TAHUN 2023 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH UIN MATARAM ANGKATAN 2019)’.

Bansaleng, J.M. et al. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL Di Manado’.

Farokhi, M.S. and Hidayat, W. (no date) Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada PT.Nusantara Sakti Semarang ).

Hermila A et al. (2023) ‘INVERTED: Journal of Information Technology Education Eksplorasi Intensitas Penggunaan Sosial Media (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Teknik Informatika UNG)’, 3(2). Available at: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted.

Ilham Yusuf and Dirgantara Bayu I Made (2020) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Jaringan, Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Keamanan Dan Privasi Pada Penyedia Layanan Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampak Pada Niat Pembelian Ulang’, 9.

Kharisma, D. et al. (2023) JUMANSI:JurnalIlmiahManajemendanAkuntansi Medan Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan Afiliation. Available at: https://jurnal.itscience.org/index.php/jumansi.

Kotler & Armstrong (2022) ‘Surganya Motor Indonesia Bandung Oleh : Mariati Tirta Wiyata Mariati.tirtawiyata@imwi.ac.id Hasti Pramesti Kusnara Institut Manajemen Wiyata Indonesia’.

Musyawarah, I.Y. et al. (2020) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat (Rja) Di Kabupaten Mamuju’, Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1).

Nyarmiati & Astuti (2020) Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Available at: https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi.

Putri Maulidiah, E. and Budiantono, B. (2023) ‘Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan’, 2(3).

Ridho Allana M.N, Hidayati Noor and Khairussalam (2021) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Xl Di Kota Banjarmasin (studi pada pengguna paket data internet)’.

Rifai Inayatullah, M. and Puspita Siwi, R. (2023) Pengaruh Kualitas Jaringan Internet, Biaya Dan Fitur Layanan Mesin Edc Terhadap Kepuasan Pelanggan Agen Brilink Di Kota Parepare.

Rustam, M. et al. (2015) Survei Penggunaan Telepon Genggam Pada Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Pulau Dullah Utara, Kota Tual Provinsi Maluku The Survey Of Mobile Phone Use At Fishermen Community On North Dullah Island Tual City Province Maluku.

Saputra, A. and Hasibuan, A. (2020) Perbedaan Tingkat Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Statistik, Reliabilitas Dan Korelasi Di Indomaret Dan Alfamidi, Cetak) Buletin Utama Teknik. Online.

Septarini, N., Rusdan, R. and Sagir, J. (2023) ‘Vol 2 No.3 Sept Pengaruh Harga Paket, Kualitas Jaringan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Di Desa Labuhan Bontong Kec Tarano Sumbawa’, Jurnal Riset Pemasaran, 2(3), pp. 29–40. Available at: https://doi.org/10.29303/jrp.v2i3.3282.

Sinaga, K. et al. (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Smartfren Pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan, Jurnal Bisnis Corporate.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif.

Zulfikar, R. et al. (2024) Metode Penelitian Kuantitatif (Teori, Metode Dan Praktik). Available at: www.freepik.com.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Febriana, M. ., Mulyati, M., & Marlina, L. (2025). Pengaruh Harga Paket dan Kualitas Jaringan terhadap Kepuasan Pelanggan . FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(2), 241–251. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2913

Issue

Section

Articles