Pengaruh Digitalisasi Ekonomi, Gig Ekonomi, dan Media Sosial terhadap Pendapatan Women Workers Gen Z: Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Lilis Marlina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis, Dompu, Indonesia.
  • Dian Urna Fasihat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis, Dompu, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/4296

Keywords:

Digitalisasi Ekonomi, Gig Ekonomi, Media Sosial, Women Workers, Gen Z

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi mengingat pesatnya perkembangan teknologi digital yang telah mengubah tatanan sistem ekonomi global maupun nasional. Transformasi digital yang melahirkan fenomena digitalisasi ekonomi, gig economy, dan pemanfaatan media sosial tidak hanya menciptakan pola baru dalam kegiatan ekonomi, tetapi juga membuka ruang partisipasi ekonomi yang lebih luas bagi perempuan generasi Z berdasarkan kajian ekonomi Islam. Kondisi ini menjadi relevan untuk dikaji karena perempuan Gen Z merupakan kelompok produktif yang tumbuh di era teknologi dan memiliki peran potensial dalam menggerakkan ekonomi digital, khususnya di daerah seperti Kabupaten Dompu

References

Afonasova, M. A., Panfilova, E. E., Galichkina, M. A., & Ślusarczyk, B. (2019). Digitalization in economy and innovation: The effect on social and economic processes | Digitalizacja w gospodarce i innowacjach: Wpływ na procesy społeczne i ekonomiczne. Polish Journal of Management Studies, Vol. 19, pp. 22–32. Retrieved from doi: 10.17512/pjms.2019.19.2.02%0AArticle’s

Amar, Nazar, Eko, A. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Digital Marketing. Sinergi, Jurnal Masyarakat, Pengabdian, 1(1), 44–48. Retrieved from https://journal.jci.co.id/jspm

Anwar, M. A., & Graham, M. (2021). Between a rock and a hard place: Freedom, flexibility, precarity and vulnerability in the gig economy in Africa. Competition and Change, 25(2), 237–258. https://doi.org/10.1177/1024529420914473

Aulia, F. U., & Yayuk Basuki. (2023). Perempuan Pekerja Dalam Perspektif Maqoshid Ekonomi Islam Di Komunitas PEKKA. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 10(2), 201–211. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v10i2.10156

Aziza, N. A., & Mil, S. (2021). Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Status Gizi Anak Usia 4-5 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 109–120. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-01

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/464453-metodologi-penelitian-kuantitatif-10d6b58a.pdf

Budiarto, D., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Sumberagung, S. N. U., & Timur, O. K. U. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Perspektif Gender Dan Ekonomi Islam : Studi Kasus Akses Pengusaha Umkm Perempuan Terhadap Lembaga. 05(01), 34–45.

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). Pengaruh Ekonomi Kreator Digital Terhadap Pendapatan Generasi Z Di Perkotaan: Studi Di Tiktok Dan Youtube Indonesia. 09(03), 167–186. Retrieved from https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.17999

Davidescu, A. A. M., Apostu, S. A., Paul, A., & Casuneanu, I. (2020). Work flexibility, job satisfaction, and job performance among romanian employees-Implications for sustainable human resource management. Sustainability (Switzerland), 12(15). https://doi.org/10.3390/su12156086

Dwi, J., Amory, S., Mudo, M., & Rhena, J. (2025). Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi : Tinjauan Literatur tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet. 14, 28–37. Retrieved from https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14608

Effendy, A., Sunarsi, D., & Wicaksono, W. (2025). Peluang Bisnis Gen Z di Era Digital : Tinjauan Literatur Sistematis. 4(2), 63–67.

Husni, V. H., Bai, M., Wafik, A. Z., Anggara, J., Ferdaus, N., Andrian, F., … Informal, S. (2025). Penggunaan Media Digital Dan Pendapatan Wanita Bekerja Pada. 4(1), 136–143.

Imma Rokhmatul Aysa. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Islam, 3(2), 140–153. https://doi.org/Imma Rokhmatul Aysa. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Islam, 3(2), 140–153.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25

Irawan, S., Mulyani, S., Darmawan, S. P., Panorama, M., Syariah, E., Ekonomi, F., … Email, A. (n.d.). Jurnal Pendidikan Ekonomi ( JURKAMI ) Dampak Ekonomi Digital Terhadap Ketenagakerjaan Di Corresponding Author Email : salsabilairawan19@gmail.com.

Izza, S. R., Saharani, K. D., Ardiani, D., & Franssisca, M. L. (2024). Studi Literatur: Analisis Pengaruh Ragam Karakteristik Pekerja Ekonomi Gig terhadap Perekonomian Nasional. Journal of Regional Economics and Development, 1(3), 1–20. https://doi.org/10.47134/jred.v1i3.337

Izzati, N. R. (2022). Ketidakseimbangan Kewajiban Para Pihak dalam Regulasi Ojek Online : Distorsi Logika Hubungan Kemitraan Ekonomi Gig Pelindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan. 5(2), 325–356. https://doi.org/10.22437/ujh.5.2.325-356

Khairi, F. (2025). Konsep The Gig Economy Dan Solusi Islamisasi. Rihlah Iqtishad : Jurnal Bisnis Dan Keuangan Islam Problem, 2(2), 59–72. Retrieved from https://doi.org/10.61166/rihlah.v2i1.48%0AVol.

Lodo, L. T., Manafe, H. A., Seran, P., Niha, S. S., Katolik, U., Mandira, W., & Milenial, G. (2025). Jurnal Transformasi Pendidikan Berkelanjutan Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Model Kerja Gig Economy Pada Generasi Milenial Dan Jurnal Transformasi Pendidikan Berkelanjutan. 6(3), 178–194. Retrieved from https://ejurnals.com/ojs/index.php/jtpb/article/view/3116/3764

Marlina, L., & Ramadhan, R. A. (n.d.). Will The Income Of Womenpreneurs , Family Size , Husband ’ s Income , Wife ’ s Income , And Children ’ s Income Affect Family Economic Improvement : An Islamic Economic Perspective ? 1340–1352.

Marlina, L., & Ramadhan, R. A. (2024). Peran Womenpreneur dalam Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga di Kabupaten Dompu : Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(5), 2254–2268. Retrieved from https://doi.org/10.38035/jmpis.

Millah, A., & Hakim, A. L. (2025). Digitalisasi Ekonomi ( The Impact Of Economic Digitalization In Consumption Patterns For Gen Z ). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 12(1), 65–76.

Natalia, C., Gugus, F. X., & Putranto, F. (2023). Kerentanan Kesejahteraan Gig Worker di Indonesia Pascapandemi. 12(2), 173–186. Retrieved from https://doi.org/10.52813/jei.v12i2.479

Nurhayati, T., Adila, A. H., & Fibriani, R. (2024). Pemberdayaan Pekerja Perempuan dan Anak pada Pasar Tenaga Kerja Digital Era Gig Economy : Kerangka Hukum untuk Masa Depan yang Lebih Aman. 20, 81–90. Retrieved from https://doi.org/10.30872/risalah.v20i2.1617

Nurlaela, N., & Fitra, F. (2024). Gig Ekonomi Sebuah Kajian Ekonomi Islam Perspektif Madzhab Hamfara. JAHE: Jurnal Ayat Dan Hadits Ekonomi, 2(4), 25–32. Retrieved from http://jurnalhamfara.ac.id/index.php/JAHE/article/download/719/387

Phan, I. K. (2025). Ekonomi Digital Dan Peluang Finansial Generasi Z. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=68ZmEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Ekonomi+Digital+Dan+Peluang+Finansial+Generasi+Z+Phan,+Irwan+Kurnia&ots=z9PBSJ7B0J&sig=nXACKRXbT6SAlCFURcqyLs1pmaI&redir_esc=y#v=onepage&q=Ekonomi Digital Dan Peluang Finansial Ge

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. 2(1), 1–19.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Vol.1 No., 18–29.

Rahayu, N., Supriyono, I. A., Mulyawan, E., Nurfadhillah, F., & Yulianto, D. R. (2021). Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital.

Ramadhan, A., Rahim, M. S. R., Kom, S., Kom, M., & Utami, N. N. (2023). Teori Pendapatan (Studi Kasus: Pendapatan Petani Desa Medan Krio). Tahta Media, 02(2), 34–37. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/144

Retha nabila, Rosmeli, N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sosial , Modal Usaha , Dan Tenaga. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2, 964–978. Retrieved from https://journal.hasbaedukasi.co.id/index.php/jurmie

Santoso Imam, M. H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=bRFTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metodologi+penelitian+kuantitatif&ots=4kZCogtURe&sig=M2r58ToQ_CjNOSTYtzyTGxVD6LM&redir_esc=y#v=onepage&q=metodologi penelitian kuantitatif&f=false

Siregar, K. N. (2025). Hadith Perspective on the Welfare Rights of Informal Workers : Challenges and Opportunities in the Digital Economy Era. Al-Qarawiyyin : Jurnal Ilmu Ushuluddin, 1(2), 96–113. Retrieved from https://doi.org/10.64691/al-qarawiyyin.v1i2.24

Siska Novy Isaroh, & Wahyu Eko Pujianto. (2023). Peran Ojek Online Wanita Guna Menambah Perekonomian Keluarga. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 92–103. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.1310

Sitanggang, C. E., Firda, D. A., Ramadhini, R., & Panjaitan, J. M. (2024). Studi Literatur : Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Usaha. 14(1), 23–29.

Subagio, O., Prajitno, B., Komunikasi, D., & Sgd, U. I. N. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. 1–29. Retrieved from https://www.academia.edu/download/49225766/Metodologi-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Sukaimi, M. S. & S. (2022). Pengantar Pengembangan Ekonomi Syariah (Vol. 4). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENGANTAR+PENGEMBANGAN+EKONOMI+SYARIAH+M+sukaimi&btnG=

Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, … Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi. Retrieved from https://repository.umi.ac.id/1989/2/Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf

Yuangga, K. D., Studi, P., Ekonomi, P., Pamulang, U., Info, A., & History, A. (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi : Menyiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital. 6.

Zirzis, M. (2024). Evolusi ekonomi di era digital: kontribusi generasi Z dalam perekonomian. Jurnal Literasi Indonesia (JLI), 1(2), 77–83. Retrieved from https://jli.staiku.ac.id/index.php/st/index

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Digitalisasi Ekonomi, Gig Ekonomi, dan Media Sosial terhadap Pendapatan Women Workers Gen Z: Perspektif Ekonomi Islam. (2025). FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(4), 827-839. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/4296

Most read articles by the same author(s)