Pelatihan Pembuatan Tas Ecoprint dan Sabun Kertas sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Uki Hares Yulianti Universitas Jenderal Soedirman
  • Nadia Gitya Yulianita Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Nur Indah Sholikhati Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.0684/andil.v1i2.1225

Keywords:

Pelatihan, Merdeka Belajar, Profil Pelajar Pacasila

Abstract

: Salah satu yang khas dari kurikulum merdeka belajar adanya kegiatan berbasis proyek yang disebut juga dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di jenjang SD belum sepenuhnya disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan oleh pada kurikulum merdeka. Sekolah masih kebingungan untuk proyek yang didesain agar siswa dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Kurangnya proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang disesuikan dengan tema yang sudah ditentukan oleh kemendikbud terutama yang berhubungan dengan lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan proyek yang dilakukan anak SD berhubungan dengan lingkungan yaitu pembuatan sabun kertas. Diharapkan para siswa dapat belajar mengembangkan kreativitas dalam pembuatan sabun kertas secara mandiri yang bisa digunakan sebagai gaya hidup sehat dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pelajar Pancasila dalam proses pelaksanaan proyek pembuatan ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, pelatihan, dan pendampingan. Ceramah dan diskusi dilakukan untuk memaparkan materi mengenai proyek pembuatan sabun kertas. Pelatihan siswa SD untuk pembuatan sabun kertas dan pendampingan guru dalam menyusun rancangan proyek penguatan profil pelajar pancasila yang sesuai dengan tema jenjang SD. Hasil dari kegiatan ini siswa dapat melaksanakan proyek yang mengimplementasikan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan guru juga menhasilkan rancangan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Luaran dari pengabdian ini tentunya menghasilkan artikel yang di seminarkan di seminar nasional LPPM dan juga produk yang dihasilkan oleh siswa dan guru selama pelatihan.

References

Cordita, R. N., Soleha, T. U., & Mayasari, D. (2019). Perbandingan efektivitas mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dengan sabun antiseptik pada tenaga kesehatan di ruag ICU RSUD Dr. H Abdul Moeloek. J Agromedicine,6(1),145-152.

Ditsmp.kemdikbud.go.id. 2021. Tema Umum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/ tema-umum-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila/. (Diunduh 30 November 2022).

Kemdikbudristek. 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Jakarta: Kemdikbudristek.

Kemdikbudristek. 2022. Keputusan Kemdikbudristek Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Sukapiring, Dewi Novina, dkk. 2022. “Pelatihan Pembuatan Paper Soap (Sabun Kertas) di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), Vol. 2, No. 1 Januari 2022, Hal. 211-216.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Prastanti, N. P. D. (2023). Implementasi Metode Star Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.15621

Downloads

Published

05/05/2024

How to Cite

Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., Sholikhati, N. I., & Nugroho, B. A. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Tas Ecoprint dan Sabun Kertas sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . ANDIL Mulawarman Journal of Community Engagement, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.0684/andil.v1i2.1225