Pemanfaatan Artificial intelegence (AI) sebagai Katalisator Peningkatan Keterampilan Menulis Guru

Authors

  • Sumartini
  • U'um Qomariyah
  • Maharani Intan Andalas
  • Dyah Prabaningrum

DOI:

https://doi.org/10.30872/andil.v1i4.1551

Keywords:

AI (artificial intelegent), karya sastra, menulis cerpen ChatGPT, Bing AI, Wattpad

Abstract

Sehubungan dengan Gerakan Literasi Nasional penulis termotivasi untuk melakukan pengabdian berjudul “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Katalisator Peningkatan Keterampilan Menulis Guru”. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengedukasi literasi menulis, khususnya menulis cerpen sebagai sebuah wahana ekspresi tulis bagi guru dan mengenalkan AI untuk memberi kemudahan menulis, tetapi pemanfaatannya akan tetap menjunjung tinggi nilai etika dan moral akademisi. Pelatihan ini sejalan dengan kebijakan Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membudayakan literasi dan meningkatkan profesionalisme guru melalui pembuatan karya bersama berupa antologi cerpen sebagai wahana ekspresi tulis. Pengabdian ini bekerja sama dengan  platform e-guru.id. Hasil dari pengabdian ini semua guru dalam pelatihan mampu menggunakan ChatGPT, Bing Ai, dan Wattpad sebagai katalisator peningkatan menulis guru, khususnya karya sastra.

References

Amalia Rahmi, A., & Febrina Dafit. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Lam, R. (2019). Teacher Assessment Literacy: Surveying Knowledge, Conceptions and Practices of Classroom-Based Writing Assessment in Hong Kong. System, 81, 78–89. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.system.2019.01.006

Liew, W. M. (2012). Perform or Else : the Performative Enhancement of Teacher Professionalism. Asia Pacific Journal Education, 32(3), 285–303.

Ministry of Education. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Noorjanah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.

Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010.

PermenPANRB. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), 31–47.

Prabowo, N. A., & Hidayah, N. (2015). Sistem Penetapan Angka Kredit untuk Kenaikan Pangkat Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Magelang Berbasis Web. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 155–164. https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5084

Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf (p. 17).

Republik Indonesia, P. (2017). Undang Undang No. 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 1–46. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2017/3TAHUN2017UU.pdf

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Skovsgaard, J., Costa, J., Dillon, S., Kim, M., Suzuki, K.H. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030. OECD Education Working Papers, 1–23. Paris: Directorate for Education and Skills-OECD.

Stapleton, C. M., Zhang, H., & Berman, J. S. (2021). The event-specific benefits of writing about a difficult life experience. Europe’s Journal of Psychology, 17(1), 53–69. https://doi.org/10.5964/ejop.2089

Umami, S. S. (2020). Pelatihan Dasar Menulis Bagi Guru Madrasah Aliyah At-Tamimy Praya di Lombok Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 203–212. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2714

Wang, L. (2019). Rethinking the Significance of Creative Writing: A Neglected Art Form behind the Language Learning Curriculum. 6(October), 110–122.

Yokhebed, Y. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi, 8(2), 94. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154

Downloads

Published

11/15/2024

How to Cite

Sumartini, U’um Qomariyah, Maharani Intan Andalas, & Dyah Prabaningrum. (2024). Pemanfaatan Artificial intelegence (AI) sebagai Katalisator Peningkatan Keterampilan Menulis Guru. ANDIL Mulawarman Journal of Community Engagement, 1(4), 135–140. https://doi.org/10.30872/andil.v1i4.1551