Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Mo.Servis
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v4i1.1550Keywords:
User Intefcae, User Experience, User Centered Design, Mo.Servis, System Usability ScaleAbstract
Di era teknologi informasi yang berkembang pesat, tuntutan akan aksesibilitas dan kemudahan dalam mengakses layanan laptop semakin meningkat. Saat ini, masih terdapat kekurangan pada platform digital yang menyediakan fitur untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mo.Servis merupakan aplikasi yang ditujukan untuk menyediakan akses layanan komputer berkualitas secara luas bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain UI/UX aplikasi Mo.Servis yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan menggunakan metode user-centered design. Tahapan metode user-centered design meliputi tahap awal, tahap pengembangan, dan tahap akhir. Hasil penelitian ini, dengan menggunakan usability testing dan System Usability Scale sebagai metode perhitungan kuesioner, menunjukkan bahwa skor akhir untuk desain UI/UX aplikasi mobile Mo.Servis adalah 90 dengan penilaian kata sifat "sangat baik". Hasil ini menunjukkan bahwa desain UI/UX aplikasi mobile Mo.Servis telah memenuhi kebutuhan pengguna.
References
Anastasya Anirudha. (2022, June 23). Apa Itu Design System? Sis.Binus.Ac.Id. Https://Sis.Binus.Ac.Id/2022/06/23/Apa-Itu-Design-System/
Andika Suryaputra. (2023, June 13). Pentingnya Usability Testing Dalam Dunia Ui/Ux. Sis.Binus.Ac.Id. Https://Sis.Binus.Ac.Id/2023/06/13/Pentingnya-Usability-Testing-Dalam-Dunia-Ui-Ux/
Ardhiyani, J., & Mukharil Bachtiar, A. (2022). Analisis User Interface Media Pembelajaran Pengenalan Kosakata Untuk Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (Komputa), 15(2), 112–114. Http://Repository.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/26323
Faisal, M., Muda, M. A., Septiana, T., & Komarudin, M. (2023). Perancangan Ui/Ux Menggunakan Metode User Centered Design Berbasis Web Pada Perhitungan Luasan Kumuh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(2), 176–187. Https://Doi.Org/10.23960/Jitet.V11i2.2921
Herniyanti, Hafidin, M. A. F., Prasetya, E., Shabrina, Dewi, R., & Kamila, V. Z. (2022). Analisis Perilaku Desainer Dalam Memanfaatkan Software Figma Untuk Mendesain. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (Atasi), 1(2), 100–108. Https://Doi.Org/10.30872/Atasi.V1i2.374
Jafarudin, M. I. E. B. S. M. K. (2020). Analisa Kerusakan Laptop Di Service Center Laptop41 Ujungrusi (Kp). Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 1–33. //Perpustakaan.Poltektegal.Ac.Id
Nugroho Adi, S. (2021). Perancangan Identitas Perusahaan Dalam Bentuk Stationery Desain Di Rumah Kreasi Grafika. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 48–57. Http://Journal.Stekom.Ac.Id/Index.Php/Pixel
Prabawa, B., Aulia, R., Nandya, A. B., & Wicaksono, S. E. (2023). Penggunaan Desain Audit Sebagai Pengukuran Aktivitas Desain Pada Umkm Kabupaten Bandung. Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 8(2), 209. Https://Doi.Org/10.25124/Demandia.V8i2.5934
Shavira Andysa. (2022, February 7). Mengenal System Usability Scale. Binus University School Of Information System. Https://Sis.Binus.Ac.Id/2022/02/07/Mengenal-System-Usability-Scale/
Wijaya, S. A. (2021). User Centered Design – School Of Information Systems. Binus University School Of Information System. Https://Sis.Binus.Ac.Id/2019/05/31/User-Centered-Design/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.