Pengaruh Experiential Marketing dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Empiris Konsumen pada Jasa Shoes Care Time to Wash Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/3978Keywords:
Experiential Marketing, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan antara Experiential Marketing dan Nilai pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Pelayanan jasa Shoes Care Time To Wash Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer dari penyebaran kuesioner secara langsung. Populasi yang digunakan merupakan seluruh pengguna jasa layanan cuci Sepatu Time To Wash di Kota Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 105 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) untuk mengidentifikasi serta mengukur pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Experiential Marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kelelahan kerja berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengelolaan sumber daya manusia terkait pengaruh Experiential Marketing dan Nilai pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Pelayanan jasa Shoes Care Time To Wash Samarinda
References
Abdilhaq, R. G., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Branding Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(3), 53–67.
Albi, M., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Belanja Online X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(3), 6–13.
Anam, M. S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Oxy Laundry di Wonocolo Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Damanik, K., Sinaga, M., Sihombing, S., Hidajat, M., & Prakoso, O. S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Publik dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i2.1834
Dwijayanthi, & Sudana. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada Ming Coffee And Eatery di Denpasar. 10(1), 64–82. https://doi.org/10.47329/jurnal Ekonomi, J. J., Meilani, S., Saputro, A. H., & Ekonomi, J. J. (2025). Pengaruh Kualitas Produk , Pengalaman Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada
Pelanggan Marketplace Shopee Di Kota Bandung ) Abstrak. 11(1), 16–31.
Febria, F., Ciamas, E. S., & Sutarno, S. (2024). Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di PT. Horti Jaya Lestari. INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.59696/investasi.v2i1.32
Fitri, W. I., & Abdilla, M. (2025). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sukokopi Padang. 01(03), 587–593.
Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, A., Hidayah, N., & Utami, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Green Marketing, dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Konsumen Kopi Lawoek Temanggung). Borobudur Management Review, 3(1), 46–61.
Husain, W., Taan, H., & Niode, I. Y. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Az- Zahra Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 894–901.
Lady, R. F., Hs, D. R., Si, M., Athar, H. S., Ekonomi, F., & Mataram, U. (2022). Pengaruh Experiential Marketing , Kualitas Pelayanan , Dan Driver Attitude Terhadap Dikota Mataram. 3(1), 1–8.
Miftah, M. Z., & Achyani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Nilai Pelanggan, dan Bagi Hasil terhadap Kepuasan Anggota: Studi pada Koperasi Syariah Binama Weleri. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 767–775. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.5373
Mu’min, M. A., & Putri, I. P. (2023). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pengguna LinkAja di Kota Depok The Influence of Experiential Marketing on LinkAja User Loyalty in Depok City. E-Proceeding of Management, 10(4), 2914–2921.
Negara, I. K. M., & Wijaya, B. A. (2024). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kedai Kopi Banyuatis Di Kecamatan Denpasar Timur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 10(1), 13–30. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v10i1.1265
Rizki, A., Amalia, Ngesti, R., Sedyati, & Zulianto, M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 4(1), 275–281.
Swastika, A., Musa, M. I., Tawe, A., Wulansari, I., & Makassar, U. N. (2024). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen THE EFFECT OF EXPERIENTIAL MARKETING AND MARKETING PUBLIC RELATIONS on customer loyalty. 12(2).
Tanjung, F. S., Hendarti, R., Veronika, M., Siagian, S., Unggulan, P., & Mandiri, C. (n.d.). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UD . BSS KOTA MEDAN. 1(3), 75–82.
Titiek, D., Andari, T., & Hamdani, D. (2024). Pengaruh Experiential Marketing dan Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kedai D ’ bago Cijeruk melalui Intervening Kepuasan Pelanggan. 4, 7258–7270.
Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1262
Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif, kuantitatif R & D. cetakan ke 1 Bandung: CV. Alfabeta Lasmiani, Ida Bagus Nyoman Udayana, B. D. M. (2025). Analisis Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Nilai Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Alfamart Di Yogyakarta. 14, 46–59.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). WIDYA GAMA PRESS.
Pertiwi, R. I. (2019). Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa PT Samudera Raya Indo Lines. Stia Dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati.
Permana, G. P. L., & Dewi, N. L. P. P. (2020). Analisis Faktor Penggunaan Layanan Go-Pay Oleh Generasi Millenial Kota Denpasar. Widya Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 32 https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i1.539
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lutfiyan Marzuki, Melda Aulia Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


