Pengaruh Sikap Konsumsi Islami terhadap Penggunaan Uang Elektronik pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah

Authors

  • Umi Rosikhotul Robbiyah Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Abdul Gafur Array

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/3974

Keywords:

Sikap konsumsi Islami, Niat, Tindakan, Uang elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sikap konsumsi Islami terhadap penggunaan uang elektronik pada mahasiswa aktif Program Studi Ekonomi Syariah tahun ajaran 2024. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik berupa uji Wald. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap konsumsi islami berpengaruh signifikan secara positif terhadap niat penggunaan uang elektronik dan niat penggunaan uang elektronik berpengaruh siginifikan secara positif terhadap tindakan penggunaan uang elektronik. Berdasarkan temuan tersebut, lembaga keuangan syariah dan pengelola program studi ekonomi Syariah perlu mendesain peningkatan literasi dan promosi tentang uang elektronik yang sejalan dengan prinsip konsumsi Islami untuk mendorong penggunaan uang elektronik di kalangan mahasiswa dan masyarakat luas

References

Ahmad, H. F. (2020). E- MONEY PERSPEKTIF MAQOSHID SYARI ’ AH. 02, 74–86.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. Organizational, Behavior, and Human Decision Processes, 50(1), 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Al-Barony, M. N. (2021). Maqasidus Syariah, Pengertian, dan Unsur-unsur di Dalamnya. 1–6.

Andani, M., Hidayanti, N. F., Ariani, Z., Yanti, N., & Dewi, S. (2024). Penggunaan Electronic Money Sebagai Alat Transaksi Dalam Persfektif Islam. 4, 200–209.

Anggreini, D. U., & Qomar, M. N. (2021). Fenomena Penggunaan Uang Elektronik bagi Konsumen Muslim. Jihbiz jurnal ekonomi keuangan dan perbankan syariah, 5(2), 173–188. https://doi.org/10.33379/jihbiz.v5i2.874

Astiti, F. D., & Yushita, A. N. (2021). Pengaruh Faktor TAM, TPB, Persepsi Risiko dan Fitur Terhadap Minat Penggunaan Produk E-Money pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Jurnal Akuntansi, 09(02), 32–43.

Ayudya, A. C. (2017). Aplikasi Theory of Planned Behavior Dengan Locus of Control Sebagai Variabel Moderasi Pada Niat Menggunakan Uang Elektronik. In Tesis Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (Vol. 4). https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/113073

Edo Parpadma Nagri. (2021). Peran Digitalisasi Ekonomi dalam Perspektif Islam. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 149–152. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i4.25

Fikri, A. A. H. S. (2022). Tinjauan Maqashid Syariah Tentang E-Money. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 140–145.

Hasrian, A. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Islam Terhadap Keputusan Penggunaan E-money.

Layaman, Hafni Khairunnisa, R. R. (2022). Pengaruh E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 61–73.

Maharani, J. (2022). Pemikiran Ibnu Asyur Tentang Maqashid Syariah Dalam Ekonomi Kontemporer. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2495. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.5708

Muamar & Alparisi. (2017). Electronic money (E-money) dalam perspektif maqashid syariah. Journal of Islamic Economics Lariba, 3(2), 76–77.

Nugroho, A., Najib, M., & Simanjuntak, M. (2018). Factors Affecting Consumer Interest In Electronic Money Usage With Theory Of Planned Behavior (TPB). Journal of Consumer Sciences, 3(1), 15. https://doi.org/10.29244/jcs.3.1.15-27

Pamungkas, G. T. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan E-money. 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159

Pertiwi, T. D., & Herianingrum, S. (2024). Menggali Konsep Maqashid Syariah: Perspektif Pemikiran Tokoh Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 807. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12386

Setiyawati, D. (2020). Pengaruh Persepsi Perilaku Konsumen Islami, Kemudaha, dan Kemanfaatan terhadap Minat Menggunakan Uang Elektronik (E-Money) (Vol. 2507, Nomor February).

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Sikap Konsumsi Islami terhadap Penggunaan Uang Elektronik pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. (2025). FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(3), 631-637. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/3974

Most read articles by the same author(s)