Gaya Hidup Islami Remaja Muslim di Coffee Shop

Authors

  • Suci Puspita Sari Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Abdul Gafur Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2854

Keywords:

Gaya Hidup Islami, Remaja Muslim, Labricca Coffee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan remaja muslim di Labricca Coffee yang mencerminkan gaya hidup islami. Coffee Shop menjadi salah satu tempat favorit bagi remaja termasuk remaja muslim untuk berkumpul dengan teman, bersantai, mengerjakan tugas dan aktivitas lainnya. Penelitian ini berfokus pada aktivitas, ketertarikan, dan pandangan remaja muslim saat berada di Labricca Coffee. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk kemudian dianalisis menggunakan metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup remaja muslim yang mengunjungi Labricca Coffee mencerminkan keseimbangan antara kebutuhan duniawi dan kewajiban agama. gaya hidup remaja muslim di Labricca Coffee dapat menjadi aktivitas yang sejalan dengan ajaran Islam jika dilakukan dengan bijak, menjaga batasan dalam menikmati hiburan, dan tetap berkomitmen pada ibadah. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi masyarakat dan pemilik usaha untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan prinsip Islam

References

Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 3(5), 1–3.

Monginsidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square) Effect of Lifestyle and Price on the Decision of Purchase of Nike Shoes (Case Study of Manado Town Square). Jurnal EMBA, 7(3), 2949–2958.

Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam. Dinar, 2(Januari), 18.

Suryani, Mardian ; Achira, S. (2019). Gaya Hidup Hedonisme Dalam Konsumsi Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Al-Intaj, 5(2), 238. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/aij.v5i2.2092

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Sari, S. P., & Gafur, A. (2025). Gaya Hidup Islami Remaja Muslim di Coffee Shop. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(2), 291–296. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2854

Issue

Section

Articles