Implikasi Nilai Kehidupan Etnis Tionghoa dalam Keberhasilan Bisnis Keluarga di Kawasan Kampung Cina Kota Samarinda

Authors

  • Briegita Sriarya Chandra Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Muhammad Ikbal Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2880

Keywords:

Keberhasilan Bisnis, Family Business, Etnis Tionghoa

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memahami nilai kehidupan yang dijalankan etnis Tionghoa dalam keberhasilan bisnis keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi tidak berpartisipasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan bisnis keluarga, pelaku bisnis etnis Tionghoa menerapkan tiga nilai utama yaitu kepercayaan (相信 - Xiāng Xìn), bertanggung jawab (负责 - Fù Zé), dan disiplin (纪律 - Jì Lǜ) yang saling melengkapi dan menciptakan integritas (诚信 – Chéng Xìn) sebagai pilar keberhasilan bisnis keluarga. Adanya nilai  tersebut mendorong keberhasilan bisnis keluarga etnis Tionghoa dan telah terefleksikan dengan baik karena berhasil dijalankan lebih dari satu generasi dan telah dijalankan sesuai dengan nilai kehidupannya yang selaras dengan faktor-faktor penentu keberhasilan bisnis. Studi mengenai keberhasilan bisnis dilihat dari perspektif budaya tidak banyak ditemukan, sehingga tulisan ini mencoba memahami melalui perspektif budaya nilai etnis Tionghoa

References

Amruloh, D. A. G. (2019). Kajian Filosofis Karakteristik Wirausaha Urang Sunda. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 119–130. Diakses pada 31 Januari 2024. https://doi.org/10.34308/eqien.v6i2.101

Arifin, Y. Y. (2013). Lima Sikap Moral Dalam Paham Konfusianisme Dan Penerapannya Di Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Bahasa Dan Budaya China.

Ars, M. N., Rasyid, Y., & Achmad, H. (1986). Sejarah Kota Samarinda. 83(1–2), 195–200.

Becerra, I., Fernandez, & Sebherwal, R. (2015). Knowledge Management: Sysyems and Processes. In Экономика Региона (Second Edi). Routledge.

Bi, Leilei, Ehrich, John, & Lisa. (2012). Confucius as Transformational Leader: Lessons for ESL Leadership. International Journal of Educational Management, 26 (4)(0), 391–402.

Creswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (S. Z. Qudsy (ed.); 3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan (S. Z. Qudsy (ed.); 3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (2015). Pengantar Bisnis (A. Maulana (ed.); 10th ed.). Penerbit Erlangga.

Edlim, F. L. (2018). Implikasi Budaya Pada Control Bisnis Keluarga Etnis Tionghoa: Studi Kasus Pada CV. K di Samarinda. Calyptra, 7(1), 82–94. Diakses pada 29 November 2022. http://www.journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1128

Elinuari, V., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Budaya Tionghoa dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Etnis Tionghoa Di Tulungagung. 9(1).

Elvinawanty, R., Yusnita, L., Rania, V., Silaban, L. br, & Sembiring, W. C. (2020). The Meaning of Entrepreneurship in Malay Ethnics, Javanese, Chinese and Indian in Medan City. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(3), 174–181. Diakses pada 29 November 2022. www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index

Giorgi, A. (2009). The Descriptive Phenomenological Method in Psychology: A Modified Husserlian Approach. Duquesne University Press.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal AshariPublishing.

Husserl, E. (1970). Logical Investigations (J. N. Findlay, Trans.). Routledge & Kegan Paul.

Ikbal, M., Ilmi, Z., Effendi, A. S., Darma, D. C., & Muliadi, M. (2020). The Dark Side of Business Using Accounting as a Financial Information Producing Tool: Content Analysis Approach. Journal of Social Transformation and Education, 1(2), 75–89.

Irwansyah, I., Paminto, A., Ulfah, Y., Ikbal, M., & Caisar Darma, D. (2021). Family Business Background and Entrepreneurship Friendly Environment At University on Students Intention To Start-Up New Business. Humanities & Social Sciences Reviews, 9(2), 129–140.

Jermias, E. O., Ramli, M., & Rahman, A. (2023). Familisme dalam Manajemen Rumah Makan Sederhana di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 79. Diakses pada 31 Januari 2024. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1151

Jusup, H. Al. (2017). Dasar-Dasar Akuntansi (7th ed.). Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi YKPN.

Legista, V., Ali, S., & Djausal, G. P. (2021). Budaya Bisnis Etnis Tionghoa Hokkian di Kota Prabumulih. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(2), 138–148. Diakses pada 31 Januari 2024. https://doi.org/10.23960/jpb.v4i2.79

Noviani, V. E., D.P, H. R., & Sudirjo, F. (2018). Gaya Kepemimpinan Generasi Kedua di Perusahaan Keluarga PT. Polidayaguna Perkasa. 7(3), 1–24.

Rahman, M. J., Zhu, H., & Jiang, X. (2024). Family firms, client importance, and auditor reporting behavior: evidence from China. Meditari Accountancy Research, 32(2), 543-578.

Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. UB Press. Diakses pada 30 November 2024. https://books.google.co.id/books?id=bNaJDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false.

Singgih, M. (2018). Dasar-Dasar Kepanditaan Tridharma. Perkumpulan Tridharma. https://tridharma.or.id/dasar-dasar-kepanditaan-tridharma/

Sukamdani, N. (2023). Family Business Dynamics in Southeast Asia: A Comparative Study of Indonesia, Malaysia, Singapore, and Thailand. Journal of ASEAN Studies, 11(1), 197–218. Diakses pada 10 Juli 2024. https://doi.org/10.21512/jas.v11i1.9518

Sukamdani, N. B. (2013). Solusi Perusahaan Keluarga. PPM Manajemen.

Sukamdani, N. B. (2023). Great Family Business: Strategi Membangun Nilai Bisnis Keluarga Lintas Generasi (Yohanes Sulistyadi dan Fauziah Eddyono (ed.)). PT Gramedia. Diakses pada 6 Desember 2023. https://www.google.co.id/books/edition/Great_Family_Business/91HAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=karakteristik+bisnis+keluarga&pg=PA22&printsec=frontcover

Sulistio, Z. S. (2016). Pesan-Pesan Moral Orang Tua Etnis Tionghoa dalam Mendidik Anaknya. Komunikasi KAREBA, 5(2), 458–476.

Suwarno, H. L., & Harianti, A. (2021). Family Business Membangun Bisnis Keluarga (Aldila (ed.)). Penerbit ANDI. Diakses pada 30 November 2023. https://books.google.co.id/books?id=39F0EAAAQBAJ&lpg=PP1&dq=bisnis keluarga&lr&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q=bisnis keluarga&f=false

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Chandra, B. S., & Ikbal, M. (2025). Implikasi Nilai Kehidupan Etnis Tionghoa dalam Keberhasilan Bisnis Keluarga di Kawasan Kampung Cina Kota Samarinda . FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(1), 161–170. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2880

Issue

Section

Articles