Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Internet of Things Menggunakan MQTT dan Telegram BOT

Authors

  • Devinta Ridhani Kristiyanti Universitas Sebelas Maret
  • Ardhi Wijayanto Universitas Sebelas Maret
  • Abdul Aziz Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.60

Keywords:

Internet Of Things, Monitoring, Otomatisasi, Telegram Bot, MQTT

Abstract

Internet of things merupakan sistem perangkat mikrokontroler, aktuator dan sensor yang saling terhubung untuk mendapatkan dan mengirimkan data secara realtime melalui jaringan internet. Salah satu penerapan IoT dalam bidang pertanian yaitu sistem monitoring suhu dan kelembaban pada budidaya jamur tiram. Pada praktinya, menggunakan Wemos D1, DHT11, Photoresistor, protokol MQTT dan telegram bot. Sistem prototipe berbasis IoT untuk membantu petani jamur memantau kondisi kumbung jamur. Petani juga dapat memantau dengan mengakses sistem dari mana saja dengan adanya bantuan platform website dan chat telegram bot. Data yang didapat oleh sensor DHT11 dan Photoresistor cukup akurat yang nantinya akan diolah oleh Wemos D1 untuk menjalankan otomatisasi aktuator pompa air dc dan exhaust fan, selanjutnya data akan dikirim ke database untuk disimpan dan ditampilkan oleh website. Pengiriman data dari IoT ke website menggunakan protokol MQTT. Sistem telah berhasil bekerja seperti rancangan prototipe, sensor dapat mengirimkan data, Wemos D1 dapat mengolah data, database dapat menyimpan data, website dapat menampilkan data, telegram bot dapat memberikan pemberitahuan chat dan protokol MQTT berhasil mengirimkan data.

References

Adrian Reza, H. D. (2019). Sistem Budidaya Jamur Berbasis IoT Menggunakan Telegram Bot. JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI NUSA PUTRA, 97.

Aji, N. (2018). Pengatur Suhu dan Kelembaban Kumbung Jamur Otomatis. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education, 50.

Ardhian Rizki Ramadhani, A. B. (2018). Implementasi Access Control List Berbasis Protokol MQTT pada Perangkat NodeMCU. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2825.

Hanum Kusuma Astuti, N. D. (2013). Efektifitas Pertumbuhan Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) dengan Variasi Media Kayu Sengon (Paraserianthes falcataria) dan Sabut Kelapa (Cocos nucifera). Jurnal ITS Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 28.

KURNIAWAN, A. (2019). Rancang Bangun Kendali Otomatis Suhu Dan Monitoring Kelembaban Udara Pada Ruangan Budidaya Jamur Tiram Berbasis Iot Menggunakan Protocol MQTT. Semarang: Tugas akhir USM.

Romah, A. (2018). CULTIVATECH : Sistem Kendali Dan Akuisisi Data Temperatur & Kelembaban Ruang Budidaya Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) Berbasis Internet Of Things (IoT) Guna Meningkatkan Efektivitas Budidaya. Yogyakarta: KARYA TULIS ILMIAH UNY.

Syarifuddin, A. (2018). Pengatur Suhu dan Kelembaban Otomatis Pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Internet Of Things (IoT). Yogyakarta: Naslah Publikasi Universitas Teknologi Yogyakarta.

T, S. (2021). Implementasi Sensor PhotoSensitive pada NODEMCU ESP8266. Jurnal Komputa Unikom, 3.

Tareh Rozzaq Adzdziqri, Y. A. (2021). Implementasi Iot (Internet Of Things) Pada Rumah Budidaya Jamur Tiram Putih. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 365.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Kristiyanti, D. R., Wijayanto, A., & Aziz, A. (2022). Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Internet of Things Menggunakan MQTT dan Telegram BOT. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(1), 61–73. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.60