Analisis Faktor yang Mempengaruhi Akselerasi Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Mamuju

Authors

  • Muhammad Arsyad Universitas Muhammadiyah Mamuju, Indonesia.
  • Muh. Tahir Universitas Muhammadiyah Mamuju, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/4019

Keywords:

Peningkatan, Akreditasi, Institusi, Pendidikan, Mutu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi akselerasi peningkatan akreditasi perguruan tinggi swasta di Kabupaten Mamuju. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan institusi dalam menyusun regulasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan tinggi. Dapat menjadi sumber inspirasi penelitian yang lebih mendalam kepada peneliti selanjutnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, interview, kuesioner dan dokumentasi [1]. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu [2]. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu membangun budaya mutu, sedangkan variabel dependen yaitu akselerasi peningkatan akreditasi perguruan tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai secara umum dari budaya mutu, relevansi tridharma, akuntabilitas, dan diferensiasi misi masih dalam kategori tinggi

References

A’ang Subiyakto. Urgensi Akselarasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Kedinasan melalui Pelaksanaan Akreditasi. https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/3587. 2024; 103. https://doi.org/10.25078/jpm.v10i01.3587

Arsyad, M., & Kamarudin, J. (2020). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Bagian Standar Pendidikan Akademik Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju. SEIKO: Journal of Management & Business, 3(3), 79-91.

Gustini, N., & Yolanda, M. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Jurnal ISEMA: Islamic Education Manajemen, 4(2), 229–244. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695

Herianto Sidik Iriansyah, Iswadi, & Muhyatun. (2023). Dinamika, Efektivitas Peran, Sistem Penjaminan Mutu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Multazam Pamekasan. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1631–1648. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4261

Jumlah PTS Kabupaten Mamuju. Diktip tahun 2025. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Sulawesi_Barat

Kustiono Kastaji, Akhyak Akhyak, As'aril Muhajir, Nur Efendi. Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/2024; 1389. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5246

Nasution, M. K. M. (n.d.). Urgensi Percepatan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Akreditasi Perguruan Tinggi. http://dirdosen.usu.ac.id/telusur/nidn/0025126703

Padila, A., & Walit, A. Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Akreditasi Program Studi. Jurnal Menata: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2023. http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/download/229/221

Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. https://peraturan.bpk.go.id/Details/265158/permendikbudriset-no-53-tahun-2023

Rasyid, Amalia, R., & Arsyad, M. (2025). Implementation of the Internal Quality Assurance System of Research Standards and Community Service of the University of Muhammadiyah Mamuju. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 8(1), 223–234.

Reni Farwitawati, Arini, Masirun, & Souvya Fithrie. Peran akreditasi dan budaya mutu dalam meningkatkan kinerja perguruan tinggi. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB. 2024; 316. https://doi.org/10.31849/jieb.v21i2.22056

Santoso, Singgih. (2014). Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, cetakan pertama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta.

Suharyanti, Yosephine, Lucia Asdra Rudwiarti, Vincentia Reni Vitasurya, & Bonaventura Satya Bharata. Pendampingan pengembangan SPMI untuk meningkatkan akreditasi program studi. Jurnal Atma Inovasia. 2024; 181. https://doi.org/10.24002/jai.v4i4.9520

Susanto, Agus. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL, Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.

https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Akselerasi Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Mamuju. (2025). FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(4), 861-867. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1/4019