Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Citra Destinasi terhadap Minat Berwisata pada Objek Wisata Danau Dua Rasa Labuan Cermin
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2910Keywords:
Fasilitas, Lokasi, Citra Destinasi, Minat BerwisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa pengaruh fasilitas, lokasi dan citra destinasi terhadap minat berwisata pada objek wisata danau dua rasa Labuan Cermin. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu fasilitas, lokasi dan citra destinasi. adapun variabel terikat yaitu minat berwisata. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 orang yang mengetahui tentang Labuan Cermin. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan non probability sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, diperoleh secara langsung menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS 3.0, termasuk dalam pengujian validitas, reliabilitas, dan koefisien determinasi (R2), serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwisata, selanjutnya lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwisata dan citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwisata pada objek wisata danau dua rasa Labuan Cermin
References
Awaluddin, & Haryati Intisari. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Pada Water Boom Arema Raya Kota Bima. Jurnal Manajemen Dewantara, 5 No 2, 93–105. http://jurnal.ustjogja.ac.id
Charli, C. O., & Putri, D. A. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal EKOBISTEK, 9(2), 40–48.
Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 40–47. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
Ferdinan, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.
Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 90–107. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability
Hidayanti, A. A., & Masyhudi, L. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik dan Lokasi terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 129–144.
Isman, Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–36. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447
Nadia, S., & Othman, L. (2021). Pengaruh Lokasi Wisata dan Bauran Promosi terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Croco Lityre Waterpark Desa Sungai Lala Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu. JAB, 12(1).
Nurdiana, & Santoso, A. (2023). Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas Objek Wisata, dan Keamanan terhadap Minat Berwisata Di Objek Wisata Telaga Ngebel. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(1), 40–47. https://doi.org/10.30587/jre.v6i1.5076
Sarim, & Wiyana, T. (2017). Pengaruh Fasilitas Wisatawan terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Kunjungan Wisatawan Kota Solo). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 3(2), 294–374. http://journal.ubm.ac.id
Sianipar, M. (2019). Effect of Product, Price, Location and Tourism Promotion of Interest in Visiting Lake Toba Tourist Attraction. Enrichment: Journal of Management, 9(2), 18–22. www.enrichment.iocspublisher.org
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2), 1–10.
Tanjung, A., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Kunjung Pada Situ Rawa Gede. Jurnal IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 146–156.
Umma Latifa Nur, A., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Pantai Tambakrejo Blitar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP) , 6(1), 2077–2084. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2747/http
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hadad Muzakki, Saida Zainurossalamia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.