Pengaruh Suasana Toko, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Showroom Mobil

Authors

  • Alifhia Nur Jannah Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Zainal Abidin Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2878

Keywords:

Suasana Toko, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suasana toko, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Showroom Mobil UD. Makmur Jaya Motor Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen di showroom tersebut. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana toko, lokasi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Variabel suasana toko berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien positif, sehingga hipotesis pertama diterima. Variabel lokasi juga terbukti signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, yang menguatkan hipotesis kedua. Selain itu, kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis ketiga diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa suasana toko, lokasi, dan kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Showroom Makmur Jaya Motor Samarinda

References

Aji, D. R. M. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 66.

Alqamardika, I. (2019). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Barn Kupie Medan.

Annisaa, M. D. L., Suharto, A., & Nursaidah, N. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ud Adam Jaya. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 30–40. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4516

Apriyadi, A., Muslihat, A., & Siregar, S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Limasan. Forum Ekonomi, 23(3), 421–430. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Badaruddin, N., Tumbuan, W. J. F. A., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Paragon Mart Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal EMBA, 9(3), 312–322. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34720/32566

Habe, H., & Wulandari, F. (2028). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai, 2(1). http://www.jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/view/62

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. In Agrekon (Vol. 14). https://doi.org/10.1080/03031853.1972.9523871

Meiyanto, A., & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Kafe Salwa House Sirojudin Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Nasution, R. A. (2019). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Warunk Upnormal Coffee Roaster Bintaro Sektor 7 ). Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Sa’diyah, L. H. (2022). Pengaruh Suasana Toko, Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Tb. Sumber Barokah Kuripan Mranggen, Demak). Jurnal Ilmiah Universitas Semarang, 8.5.2017, 2003–2005.

Zeithaml, V. A., Jaworski, B. J., Kohli, A. K., Tuli, K. R., Ulaga, W., & Zaltman, G. (2020). A theories-in-use approach to building marketing theory. Journal of Marketing, 84(1), 32–51.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Nur Jannah, A., & Abidin, Z. (2025). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Showroom Mobil . FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(1), 154–160. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2878

Issue

Section

Articles