Analsisis Pengaruh Perceived Ease of Use, E-Service Quality dan Data Security terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana di Kota Pekanbaru

Authors

  • Puput Aprilia Universitas Islam Negeri Sultan syarif kasim, Riau, Indonesia.
  • Saipul Al Sukri Universitas Islam Negeri Sultan syarif kasim, Riau, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2689

Keywords:

Persepsi kemudahan penggunaan, Kualitas Layanan Elektronik, Keamanan Data, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kualitas layanan elektronik, dan keamanan data terhadap kepuasan pengguna aplikasi e-wallet DANA di Kota Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 27. Analisis mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, serta regresi linear berganda dengan uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas layanan elektronik dan keamanan data memiliki pengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai R² sebesar 57,3%, sementara 42,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini

References

Amin, M., Rezaei, S., & Abolghasemi, M. (2014). User satisfaction with mobile websites: The impact of perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU) and trust. Nankai Business Review International, 5(3), 258–274. https://doi.org/10.1108/NBRI-01-2014-0005

Antara. (2024). Pengguna dompet digital DANA capai 170 juta, banyak juga.. Medcom. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/nN92yqjb-pengguna-dompet-digital-dana-capai-170-juta-banyak-juga

Astuti, L., & Wargadalam, W. W. (2019). Influence of information quality, system quality, service quality and security on user satisfaction in using e-money based Paytren applications. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(2), 288–299. https://doi.org/10.30871/jama.v3i2.1463

Bilqis, S. U., & Fietroh, M. N. (2024). Dompet digital DANA: Kepuasan pengguna melalui peran kualitas layanan, persepsi kemudahan dan keamanan. Proceeding Of Student Conference, 2(5), 394–397.

CGS International. (2024). DANA Indonesia catatkan 170 juta pengguna pada tahun 2023. CGS International. https://itrade.cgsi.co.id/dana-indonesia-catatkan-170-juta-pengguna-pada-tahun-2023

DANA. (2022). Duduki peringkat #1, DANA jadi aplikasi keuangan Indonesia berperforma terbaik. Dana ID. https://www.dana.id/corporate/newsroom/ duduki-peringkat-1-dana-jadi-aplikasi-keuangan-indonesia-berperforma-terbaik

Efria, R. (2018). Pengaruh e-service quality terhadap e-customer loyalty melalui e-customer satisfaction (Studi pada pelanggan toko online Lazada). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Firdaus, M. F., & Himawati, D. (2022). Pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas layanan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen e-commerce Shopee di Kota Depok. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 216–230. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5259

Irfansyah, A., Azzahra, A., Agusanti, A., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pengguna Maxim Kota Bandar Lampung). Journal for Management Student (JFMS), 2(4), 7–10.

Mamakou, X. J., Zaharias, P., & Milesi, M. (2024). Measuring customer satisfaction in electronic commerce: The impact of e-service quality and user experience. International Journal of Quality & Reliability Management, 41(3), 915–943. https://doi.org/10.1108/IJQRM-07-2021-0215

Muniarty, P., Wulandari, & Saputri, D. (2022). Pengaruh e-service quality terhadap e-customer satisfaction pada marketplace Shopee. Equilibrium, 11(2), 1–6.

Mileniumiati, N., Nursanta, E., & Masitoh, S. (2023). Pengaruh persepsi keamanan, persepsi manfaat, persepsi risiko dan promosi terhadap kepuasan pengguna dompet elektronik OVO. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(3), 227–237.

Mondego, D., & Gide, E. (2024). The impact of security, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, trust, and price value on users’ satisfaction in cloud-based payment systems in Australia: a PLS-SEM analysis. Journal of Information Systems and Technology Management, 21, 1–17.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL. Journal of Service Research, 7(3), 213–233. https://doi.org/10.1177/1094670504271156

Panggabean, E. F., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2023). Pengaruh manfaat, kemudahan, keamanan, serta fitur layanan terhadap minat mahasiswa dalam penggunaan Dana sebagai e-wallet. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.46306/sm.v3i1.33

Rahardjo, B., & Sari, D. (2021). Analisis pengaruh keamanan data terhadap kepuasan pengguna aplikasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1).

Ramadani, N. A. (2022). Pengaruh E-service quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction dan E-Trust pengguna BSI Mobile (Studi pada nasabah Bank Syariah Indonesia kantor cabang Jakarta Kelapa Gading 2). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Supriyadi, A. (2020). Pengaruh keamanan data terhadap kepuasan pengguna aplikasi digital. Jurnal Teknologi Informasi, 1(1).

Sutrisno, E., & Setiawan, E. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan dan promosi penjualan terhadap keputusan penggunaan e-wallet dana pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 129–140. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara. v16i1.822

Simanjuntak, I. G., Saputra, M. H., Melisa, Manurung, I. S., Cristhian, I., & Lim, V. (2024). Analisa pengaruh kemudahan, kepercayaan dan keamanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Dana. Ekraf: Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Indonesia, 1(2), 102–113. https://doi.org/10.59965/ekraf.v1i2. 60

Sitorus, S. A. (2024). Apa itu aplikasi dompet digital DANA dan berbagai manfaatnya. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/4270503/ apa-itu-aplikasi-dompet-digital-dana-dan-berbagai-manfaatnya

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yang, H., & Tsai, F.-S. (2007). General E-S-QUAL scales applied to websites satisfaction and loyalty model. Communications of the IIMA, 7(2), 115–126.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Aprilia, P., & Al Sukri, S. (2025). Analsisis Pengaruh Perceived Ease of Use, E-Service Quality dan Data Security terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana di Kota Pekanbaru. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(2), 340–350. https://doi.org/10.30872/jfor.v27i2.2689

Issue

Section

Articles