Pengaruh Label Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Merek
DOI:
https://doi.org/10.30872/jfor.v27i1.2657Keywords:
Label Halal, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh label halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek pada produk kosmetik Wardah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling terdiri dari 140 responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 melalui metode Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara label halal terhadap kepercayaan merek; pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap kepercayaan merek; pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian; pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian; pengaruh positif dan signifikan antara label halal terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek; dan pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek. Sedangkan, antara label halal terhadap keputusan pembelian tidak terdapat pengaruh
References
Amalia, D. N., Suprihartini, L., & Akhirman. (2021). Peran Label Halal, Brand Image, Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Berlabel Halal dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Produk Kosmetik Berlabel Halal di Kota Tanjungpinang). Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Anggelia, V. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Handbody Hijab Fresh (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.
Burman, F. A. (2019). The Effect of Website Quality and Brand Image on Consumer Purchase Decisions with Trust as an Intervening Variable (Case Study at Bukalapak.com). European Journal of Business and Management, 11(28), 76–82. https://doi.org/10.7176/ejbm/11-28-09
Chusniartiningsih, E., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6736
Compas.com. (2022). Top Penjualan Produk Kosmetik. https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/
Damayanti, F., Harmawan Saputra, M., & Rahmawati, F. (2023). Impact of Brand Image and Product Quality in Improving Purchase Decisions Through Consumer Trust in Product Users of PT. Unilever Indonesia. Jurnal of Applied Business and Banking (JABB), 4(1), 23–36.
Fatmawati, D., Triastity, R., & Sunarso. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Lumbung Batik Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(2), 317–329.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Eighth Edi). Cengage Learning.
Hastoko, Y. P., & Wati, W. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Burger King Trans Studio Mall Cibubur. Humantech: jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 188–203. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v2i01.1695
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Jamal, A. I., & Waluyo, A. (2022). Analisis kualitas produk, label halal, dan harga terhadap keputusan pembelian Tempe: Peran mediasi kepercayaan konsumen. 1(2), 54–67. https://doi.org/10.53088/jhis.v1i2.363
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing-Management (15th Ed). Pearson India Education Services Pvt. Ltd. https://doi.org/10.1515/9783486801125
Lantara, A. A. M. O., & Pramudana, K. A. S. (2020). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(1).
Lubis, R., & Yafiz, M. (2023). Analisis Penggunaan Labelisasi Halal pada Produk Minuman Mixue dalam Meningkatkan Kepecayaan Konsumen Muslim di Kota Medan. Jurnal Al-Buhuts, 19(1), 547–565. https://doi.org/10.30603/ab.v19i1.3545
Mardiyah, A., Wathan, H., & Seri, E. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek & Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mahasiswa Muslim Medan. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 219–225. https://doi.org/10.572349/neraca.v1i1.50
Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Nugroho, N. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Smartphone Samsung Galaxy a10S. Jurnal Ekonomi, 22(2), 223–249. https://doi.org/10.30736/je.v22i2.844
Pasolo, F., & Sari, F. F. P. (2023). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Mie Samyang melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus pada Mahasiswa/i Muslim di FEB Universitas Yapis Papua. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 1, 189–202. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1499
Putri, Y. A. (2022). Peran Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Bisnis Terapan, 6(2), 197–206. https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5202
Rosuda, Y. J., & Samingan, A. (2023). Pengaruh Label Halal, Sosial Media Advertising, Perceived Brand Interactivity Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Salatiga Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Interveing. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 03, 255–275. https://doi.org/10.30762/almuraqabah.v3i2.598
Sa’diah, Z., Saraswati, M. A., & Retnowati, M. S. (2022). Analysis Of Religiosity And Halal Labels towards purchasing Decision On Cosmetic Product (Study on Regular Female Student of The University of Darussalam Gontor). JES : Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 168–186. https://doi.org/10.30736/jes.v7i2.360
Sari, A. N. (2019). Pengaruh Citra Dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Beli Produk Halal Pada Toko Roti Breadtalk di Bandar Lampung.
Sari, A. P. Y., & Mukhroji. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Brand Loyalty, Perceived Quality, Pricing Policy, Celebrity Endorsement, Lifestyle, dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian produk Scarlett Whitening. Neraca Manajemen, Ekonomi.
Saripah, R. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Citra Merek, dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Konsumen Muslim. 58.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2017). Perilaku Konsumen. PT. Indeks.
Sinaga, E. M., Fitrianingsih, & Lestari, I. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Wardah Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 07(01), 1–14. https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8326
Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson.
Suhardi, D., & Rika, I. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Topbrandaward.com. (2023). Top Brand Index Fase 1 2023. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2023
Torres, J. A. S., & Cañada, F.-J. A.-. (2017). Building brand loyalty in e-commerce of fashion lingerie Building brand loyalty in e-commerce of fashion lingerie. Journal of Fashion Marketing and Management, 21(4), 103–114. https://doi.org/10.1108/JFMM-05-2016-0047
Trishantini, N., Kusstianti, N., Faidah, M., & Magesari, D. S. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetika perawatan Kulit Wajah. E-jurnal, 11(2), 157–166.
Tuhin, M. K. W., Miraz, M. H., Habib, M. M., & Alam, M. M. (2022). Strengthening consumers’ halal buying behaviour: role of attitude, religiosity and personal norm. Journal of Islamic Marketing, 13(3), 671–687. https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2020-0220
Ulyanita, I. A., & Mubarok, M. H. (2023). The Effects of Halal Label and Brand Image on Purchasing Decisions Through a Mediating Role of Trust. International Conference on Islamic Economics and Business, 174–182.
Umma, N., & Nabila, R. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Generasi Z). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v10i1.8407
Wadi, M. H., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 172. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.223
Wahyuningsih, D. W. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Motor Yamaha N-Max Di Wonogiri. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02), 407–414. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.627
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Priandarina Winda Sari, Dwi Martiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.