The Education for Children in Preventing Bullying Behavior at MIM 3 AL-Furqan School of Banjarmasin
Edukasi Pada Anak Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Di Lingkungan Sekolah MIM 3 AL-Furqan Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.30872/andil.v1i4.1502Keywords:
Anak, Bullying, Perilaku, SekolahAbstract
Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam pendidikan di Indonesia, namun sering terjadi bullying di jenjang ini. Bullying mencakup kekerasan fisik, verbal, nonverbal, dan cyberbullying. Data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia menunjukkan 1567 kasus bullying di bidang pendidikan pada tahun 2023. Pendidikan Kesehatan dengan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab merupakan salah satu alternatif dalam upaya pemberian pendidikan Kesehatan tentang pencegahan bullying kepada anak. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan masalah bullying serta pengaruhnya bagi seluruh pihak yang terlibat di Sekolah. Aktivitas pengabdian masyarakat ini dilakukan pada 14 Juni 2024 di MIM 3 Al-Furqan Banjarmasin dengan sasaran siswa kelas 5A sejumlah 16 orang dengan metode ceramah, demonstrasi, serta tanya jawab dan diakhiri dengan evaluasi posttest dengan menjawab soal oleh siswa. Penanaman pendidikan karakter sangat penting dan harus sejalan dengan interaksi di lingkungan sekolah.
References
Agisya, E., Nadhirah, N.A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 19-30.
Almira, N.S. & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomonologis Interpretatif Tentang Definisi Bullying dan Harga Diri Bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, 9(2), 209-224.
Anggeriyane, E. Jayadie, A.A.A., Afipah, R.N., Adelia, G.H., Ramadhia, G.N.A., & Zainuddin, M. (2023). Mengatasi Bullying Dengan Edukasi Dan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Melalui Media Audiovisual. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 104-112.
Anggeriyane, E., Puteri, M.D., Jazuli, A., & Maghfirah, A. (2023). Pelatihan Keterampilan Ibu Dalam Membentuk Karakter Anak Prasekolah Pada Era Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3011-3021.
Arofa, I.Z., Hudaniah, H., & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 74-92.
Dewi, P.Y.A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 39–48.
Jelita, N., Purnamasari, I., & Basyar, M. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232-240.
Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana?. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66.
Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 67-82.
Notoadmodjo, S (2012) “Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. JAKARTA: PT Rineka Cipta.
Patras, E.Y. and Sidiq, F. (2016) “Dampak Bullying Bagi Kalangan Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 5(1).
Ramadhanti & Hidayat, M.T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.
Riki, M.S. (2023) Masuk Tindakan Kekerasan, Kalimantan Selatan Catat 5 Bullying Sepanjang 2023, Tribun Banjarbaru.com. Available at: https://banjarmasin.tribunnews.com/2023/06/07/masuk-tindak-kekerasan-dinas-p3a-kalimantan-selatan-catat-50-kasus-bullying-sepanjang-2023 (Accessed: June 9, 2024).
Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), pp. 50–61.
Zahro, N.N., Zakiyah, N.Z. & Fatmawati. (2023). Upaya Mengatasi Bullying Melalui Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behavior Therapy) Terhadap Siswa MTS Kaliwining Rambipuji. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 1(2), 215-219.
Zulqarnain, A.M. & Thoha, M. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying. Edu Consilium Jurnal BK Pendidikan Islam, 3(2), 69-82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDIL Mulawarman Journal of Community Engagement

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.