Efektivitas Pendidikan Anti Korupsi dalam Upaya Mencegah Pelanggaran Hak Asasi Manusia: Tinjauan Berdasarkan Perspektif Gender
DOI:
https://doi.org/10.30872/dohgisin.v1i2.2956Keywords:
pendidikan anti korupsi, hak asasi manusia, perspektif gender, interseksionalitas, kesadaran kritisAbstract
Penelitian ini menganalisis efektivitas pendidikan antikorupsi dalam mencegah pelanggaran hak asasi manusia (HAM) melalui pendekatan perspektif gender. Dengan desain eksperimen semu, 200 mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman dibagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan modul berbasis gender) dan kelompok kontrol (menggunakan modul standar). Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara, lalu dianalisis menggunakan uji-t dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam sikap antikorupsi dan kesadaran HAM dibanding kelompok kontrol. Modul berbasis gender terbukti menumbuhkan kesadaran kritis, empati, dan partisipasi aktif mahasiswa, khususnya perempuan. Pendekatan ini juga meningkatkan efektivitas pendidikan antikorupsi secara keseluruhan. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan antikorupsi yang inklusif gender memiliki dampak transformasional dalam mencegah pelanggaran HAM dan membangun budaya integritas yang lebih adil.
Downloads
References
Afriyani, W., Pratiwi, R. A., Nabila, E., Adha, E. N., & Mahda, M. Y. (2025). Penguatan kesadaran dampak korupsi melalui sosialisasi antikorupsi di SMA Handayani Pekanbaru. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 270–282. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/3789
Alyaa, N., Hudi, I., Sari, Z. H., Ayuni, P., & Cahyani, R. Z. (2025). Strategi peningkatan literasi anti korupsi melalui penyuluhan ke SMA Negeri 9 Pekanbaru. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 257–269. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/3696
Azizah, D. Q. W., Maksum, M. N. R., & Togatorop, E. (2024). Peran Muhammadiyah dalam perkembangan pembaruan pendidikan Islam anti korupsi di Indonesia. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 150–162. https://journalpedia.com/1/index.php/jkli/article/view/2569
Hasanah, Q., Firnanda, M. N., Mubarok, I. H., & Sa’adah, M. (2024). Mengelola konflik antara guru dan siswa di sekolah menengah atas: Peran kepala sekolah sebagai mediator. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 190–202. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/2872
Jadur, A., Dosom, S., & Ambut, G. (2025). Pendidikan kapabilitas sebagai upaya pengentasan kemiskinan di NTT. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 310–322. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/4359
Kompas.com. (2025, April 26). Wamen Stella: Pendidikan antikorupsi perlu dibangun sejak SD. Kompas.com. https://www.kompas.com/edu/read/2025/04/26/130000571/wamen-stella-pendidikan-antikorupsi-perlu-dibangun-sejak-sd
KPK. (2023a). KPK paparkan upaya pencegahan korupsi sektor pendidikan di 2023 ASEAN-PAC capacity building workshop. https://www.infopublik.id/kategori/asean-2023/746332/kpk-paparkan-upaya-pencegahan-korupsi-sektor-pendidikan-di-2023-asean-pac-capacity-building-workshop
KPK. (2023b). Panduan implementasi pendidikan antikorupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi.
KPK. (2024). Kinerja KPK 2020–2024: Pendidikan antikorupsi diterapkan di puluhan ribu satuan pendidikan di Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi.
KPK. (2025a). KPK perkuat kapasitas jejaring pendidikan antikorupsi wilayah Indonesia Barat. Komisi Pemberantasan Korupsi.
KPK. (2025b). Perkuat implementasi pendidikan antikorupsi, KPK sinergi dengan 6 kementerian. Komisi Pemberantasan Korupsi.
Mita, N. M., Lia, L., Fadillah, A., Sugandi, M. I. H., & Wahyiah, I. R. (2025). Peran pendidikan anti korupsi dalam membangun integritas generasi muda Indonesia. Journal of the Research Center for Digital Democracy, 1(1), 6–11. https://journal.idede.org/index.php/IDEDE/article/view/139
Pessa, A. A. B., Martins, A. F., Prates, M. V., Gonçalves, S., Masoller, C., Perc, M., & Ribeiro, H. V. (2025). Structural roles and gender disparities in corruption networks. Scientific Reports, 15. https://doi.org/10.1038/s41598-025-98218-2
Putri, S. N., & Marcellina, D. (2024). Pengaruh hukum dalam mendorong efektivitas program pendidikan karakter anti korupsi. Siyasah: Jurnal Hukum Tatanegara, 9(1), 62–77. https://e-journal.metrouniv.ac.id/siyasah/article/view/9407
Rostika, I., Nurlatipah, D., Mutmainah, L., & Hidayat, Y. (2025). Peran budaya kerja dalam meningkatkan partisipasi guru dan staf dalam pengembangan organisasi di SMP Negeri 1 Atap Cigugur. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 283–295. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/3738
Suryaningsi, & Fitriyah, N. (2023). Strategi penguatan nilai integritas berbasis gender dalam pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Unmul, 12(1), 45–58.
Susvita, A., Putri, N., & Windyani. (2025). Sosialisasi anti korupsi untuk menguatkan nilai-nilai anti korupsi di kalangan anak muda yang ada di SMPN 25 Pekanbaru. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 244–256. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/3899
Taufik, I. (2023). Ambiguitas norma pendidikan antikorupsi di perguruan tinggi, antara kewajiban dan kebutuhan. Peradaban Journal of Law and Society, 2(1), 62–77. https://jurnal.peradabanpublishing.com/index.php/PJLS/article/view/80
TotalNews. (2025, April 26). KPK gandeng enam kementerian perkuat pendidikan antikorupsi di Indonesia. Total News Nusantara. https://totalnews.co.id/kpk-gandeng-enam-kementerian-perkuat-pendidikan-antikorupsi-di-indonesia/
Trisasabhilla, M., Ramadhani, L. T., Hudi, I., Safiqah, M., Zefron, R. N., Prasanti, T. N., & Ar Raudah, D. (2025). Pendidikan anti-korupsi sebagai fondasi membangun budaya integritas di sekolah. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 236–243. https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/3792
Tripuspita, N., Belladonna, A. P., & Sadiman, A. O. (2022). Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan antikorupsi di SMK Bina Insan Bangsa Kabupaten Bandung Barat. Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik, dan Kewarganegaraan, 4(1), 9–22. https://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/view/54
Utomo, R. A., Rusli, M., Hermansius, R. T., & Karimah, S. A. (2024). Sosialisasi pendidikan antinarkoba dan antikorupsi pada generasi muda di MtsS. Annida Bina Insani Rancabungur. PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 9–19. https://journal.unusia.ac.id/index.php/praxis/article/view/759
Wahyiah, I. R., Lestari, E. R., Bate’e, W. D., Ilham, R., & Arianto, B. (2023). Tata kelola media sosial bagi penguatan sistem pemerintahan desa Tanjungsari Kabupaten Serang. TAAWUN, 3(2), 171–181. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/taawun/article/view/495
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ana Rahayu, Titin Pujianti, Alma Elvira, Ratiani Puspitasari, Ali Gilang Pratama, Suryaningsi Suryaningsi, Endang Herliah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This license permits use, sharing, adaptation, distribution, and reproduction in any medium or format as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons license, and indicate if changes were made. If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under a CC BY-SA license. The images or other third party material in this work are included under the Creative Commons license unless indicated otherwise in a credit line to the material.
Under the following terms:
- Attribution: You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).