Analisis Digital Fashion Dalam Perspektif Teknologi, Sistem Informasi, Dan Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.30872/atasi.v2i1.726Keywords:
Artificial Inteligence, AI, Augmented Reality, Virtual Reality, NFT, dressx, Digital FashionAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang kian hari kian meningkat pesat mempengaruhi berbagai industri yang ada terutama industry fashion. Fashion yang dulunya dikenal berbentuk fisik, sekarang dengan banyaknya penggunaan dan penemuan dalam bidang teknologi melahirkan Digital Fashion. Fasion digital merupakan sebuah data yang berbentuk model dari rancangan fashion atau pakaian yang seolah nampak seperti tampilan fashion pada umumnya, tak berbentuk fisik namun hanya dapat terlihat dari sisi tampilan pada smartphone maupun komputer, digunakan oleh pengguna termasuk influencer pada media sosial seperti meta (facebook), instagram, whatapps, youtube, twitter, tiktok, dan media sosial lainnya untuk kebutuhan sosial dan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Digital Fashion dari sisi Teknologi, Sistem Informasi, dan Bisnis. Metode Penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif menggunakan teknik studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi teknologi Digital Fashion menerapkan Teknologi Artificial Inteligence (AI), Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pengguna atau pembeli dapat memilih dan mencoba langsung produk fashion pada marketplace menggunakan komputer atau smartphone, dibuat menggunakan aplikasi yang berbasis web seperti Clo Fashion dan Marvelous Designer, dan aplikasi berbasis desktop seperti 3D Blender. Pada sisi Sistem Informasi, Digital Fashion terhubung dan terintegrasi antara satu system dengan system lainnya terutama website dalam hal pembelian dan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit yang tersistematis, dan wallet kripto seperti metamask, trust wallet, safepal, maupun wallet kripto yang berisi mata uang digital (crytocurrencies). Sedangkan dari sisi bisnis, Digital Fashion menciptakan peluang bagi para creator Digital Fashion untuk dapat membuat dan menjualnya pada plaftrom marketplace seperti DRESSX, Replicant, Auroboros, DIGITALAX, The Dematerialised, Tribute Brand, XR Couture, UNXD sehingga dapat menghasilkan profit.
References
ARVIANA, V. (2016). Sejarah Fashion Tahun 1850-1900. Harpersbazaar.Co.Id. https://harpersbazaar.co.id/articles/read/10/2016/2945/sejarah-fashion-tahun-1850-1900
dressx.com. (n.d.). DRESSX. Dressx.Com. Retrieved June 20, 2023, from https://dressx.com/
Mileva, G. (2022). Top 8 Digital Fashion Marketplaces. Influencermarketinghub.Com. https://influencermarketinghub.com/digital-fashion-marketplaces/#toc-2
Nurdani, H. H. (2022). Potensi Digital Fashion di Tengah Gempuran Fast Fashionle. Digitalbisa.Id. https://digitalbisa.id/artikel/potensi-digital-fashion-yang-di-tengah-gempuran-fast-fashion-F13wh
Philips, S. (2019). Apakah pakaian digital masa depan mode? Thred.Com. https://thred.com/id/gaya/adalah-pakaian-digital-masa-depan-mode/
Rahmadhani, D. S. (2021). Mengulik Digital Fashion yang Lahirkan Pakaian Virtual Demi Kurangi Sampah. Kayak Apa ya? Hipwee.Com. https://www.hipwee.com/style/digital-fashion-is/
Replicant.fashion/store. (n.d.). replicant. Replicant.Fashion/Store. Retrieved June 20, 2023, from replicant.fashion/store
Santiago, frances sola. (2022). Digital Fashion Is Booming — Here’s How To Shop It. Refinery29.Com. https://www.refinery29.com/en-us/2022/04/10962203/buying-digital-clothing-nfts-explained
veryveig. (n.d.). Digital Fashion VERYBASICS - VirtualWardrobe & Asset Pack (Blender & Marvelous Designer). Www.Artstation.Com. Retrieved June 21, 2023, from https://www.artstation.com/marketplace/p/dooWr/digital-fashion-verybasics-virtualwardrobe-asset-pack-blender-marvelous-designer