HUBUNGAN KERAPATAN LAMUN DAN KEPADATAN MAKRO BIVALVIA DI PERAIRAN TELUK KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Tamara Wijaya Universitas Mulawarman
  • Lily Inderia Sari
  • Aditya Irawan

DOI:

https://doi.org/10.30872/tas.v2i2.619

Keywords:

Kerapatan, lamun, kepadatan makro bivalvia

Abstract

Teluk Balikapapan merupakan perairan yang memiliki biodiversitas tinggi dan berperan penting dalam kelangsungan hidup organisme perairan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 sampai dengan Januari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kerapatan lamun dan kepadatan makro Bivalvia di Perairan Teluk Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam penentuan lokasi stasiun penelitian dan menggunakan hubungan korelasi Pearson untuk menentukan kerapatan lamun dengan makro Bivalvia yang ditemukan dilokasi penelitian. Hasil penelitian ditemukan 2 Jenis lamun yakni Enhalus acoroides dan Thalassia hemprichii dan didapatkan 8 family serta 19 spesies Makro Bivalvia. family Verenidae spesies A. squamosus memiliki kepadatan tertinggi dan beberapa makro Bivalvia seperti Family Arcidae spesies A. notabilis, family Tellinidae spesies A. fausta, family Verenidae spesies C. jadisi, family Semelidae S. crenulata, S. proficua, dan family Cardiidae spesies T. muricatum memiliki kepadatan terendah. Hubungan Kerapatan lamun dengan kepadatan Bivalvia di perairan Teluk Balikpapan bersifat positif tetapi termasuk kedalam kategori lemah atau dapat dikatakan keberadaan lamun tidak berpengaruh dengan kepadatan Makro Bivalvia.

References

Allifah, AN. 2018: Hubungan Kerapatan Lamun dengan Kepadatan Bivalvia di Pesisir Pantai Ori Kecamatan Pulau Haruku. Journal Biologi Science and Education. 7 (1) : 81.
Insafitri, (2010), Keanekaragaman Keseragaman dan Dominansi Bivalvia di Area Buangan Lumpur Lapindo Muara Sungai Porong, Jurnal Kelautan, 3(1): 54-59.
Kiswara. 2004. Kondisi padang lamun (seagrass) di perairan teluk Banten 1998-2001. [Skripsi]. Lembaga Penelitaian Oseanografi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jakarta.
Satino, et al, 2003, Struktur Komunitas Bivalvia Di Daerah Intertidal Pantai Krakal Yogyakarta.
Susiana. (2011). Diversitas dan Kerapatan Mangrove, Gastropoda dan Bivalvia di Estuari Perancak, Bali. (Skripsi), Program Studi Manajemen Suberdaya Perairan,Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan, Universitas

Downloads

Published

27-10-2023

How to Cite

Wijaya, T., Sari, L. I., & Irawan, A. (2023). HUBUNGAN KERAPATAN LAMUN DAN KEPADATAN MAKRO BIVALVIA DI PERAIRAN TELUK KOTA BALIKPAPAN. Jurnal Tropical Aquatic Sciences, 2(2), 170–175. https://doi.org/10.30872/tas.v2i2.619