Remaja Berdaya: Edukasi untuk Memahami dan Menghindari Kenakalan Remaja pada Siswa SMP Negeri 1 Dempar

Authors

  • Hana Giska Febrianur Program Studi S1 Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
  • Putri Maharani Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Amelia Meysi Program Studi S1 Pengelolaan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman
  • Seprianto Payuk Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman
  • Audric Al Dzaky Program Studi S1 Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
  • Ramlin Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman
  • Ridho Setya Kurniawan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
  • Erwin Samsul Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/andil.v1i3.1621

Abstract

Juvenile delinquency has become a serious problem that requires special attention and handling, including in the environment of SMP Negeri 1 Dempar. Thus, education is determined as an effort to provide students with a deep understanding of various aspects of juvenile delinquency, its impact on themselves and the environment, and effective strategies to avoid delinquent behavior. This education is carried out using the lecture method and reaction evaluation and cognitive evaluation are carried out. The results of this activity indicate significant success in increasing understanding of adolescence, avoiding juvenile delinquency, and encouraging the development of positive life skills. This is evidenced by the results of the Wilcoxon Signed Rank Test which produces a value of p = 0.000 (p <0.05), meaning that there is a difference in student knowledge between before and after being given intervention in the form of juvenile delinquency education.

KEYWORDS: Education, Juvenile Delinquency, Adolescent, Dempar

References

Afrita, F., & Yusri, F. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja. Educatico: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.10

Aqshalnawitri, D., Yaumi, F. I., Ismaabro, I., Hartadi, N. P., & Sudiarto, B. (2022). Edukasi tentang kenakalan remaja di SMP Islam Plus Sa'adatain, Gandul, Cinere, Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–6.

Bobyanti, F. (2023). Kenakalan remaja. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 476–481. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1402.

Chairiyah, R., Anandita, M. Y. R., & Gustina, I. (2024). Pencegahan kenakalan remaja melalui ir/education. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1642–1650.

Een, E., Tagela, U., & Irawan, S. (2020). Jenis-jenis kenakalan remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhi di Desa Merak Rejo Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 30–42. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.1453

Putri, T. A., & Rahayu, D. (2022). Psikoedukasi tentang perilaku delikuen sebagai upaya menurunkan tingkat kenakalan remaja. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 267–279. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8974

Resdati, R., & Hasanah, R. (2021). Kenakalan remaja sebagai salah satu bentuk patologi sosial (penyakit masyarakat). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.614

Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan remaja dan penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 364–373. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1727

Sutikno, M. S. (2019). Metode & model-model pembelajaran “Menjadikan proses pembelajaran lebih variatif, aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan". Holistica.

Tyoningsih, Y. S., Irmawati, F., & Ilmah, N. K. (2023). Penyuluhan kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 01 Tirtoyudo Kec. Tirtoyudo Kab. Malang sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan generasi bangsa. Jpm Pambudi, 7(01), 1–6. https://doi.org/10.33503/pambudi.v7i01.2728

Downloads

Published

09/25/2024

How to Cite

Febrianur, H. G., Maharani, P., Meysi, A., Payuk, S., Al Dzaky, A., Ramlin, … Samsul, E. (2024). Remaja Berdaya: Edukasi untuk Memahami dan Menghindari Kenakalan Remaja pada Siswa SMP Negeri 1 Dempar. ANDIL Mulawarman Journal of Community Engagement, 1(3), 115–120. https://doi.org/10.30872/andil.v1i3.1621