The Effectiveness of Electronic Medical Records and Waiting Time onPatient Satisfaction
Keywords:
Health Center, Patient Satisfaction, Health ServiceAbstract
Background : Dengan Rekam Medis Elektronik, dokter dan tenaga kesehatan juga mendapatkan manfaat dari akses mudah ke informasi pasien yang pada akhirnya membantu meningkatkan keselamatan pasien dan pengambilan keputusan klinis, seperti diagnosis, reaksi alergi, dan duplikasi obat Objective : Rekam Medis Elektronik, dokter dan tenaga kesehatan juga mendapatkan manfaat dari akses mudah ke informasi pasien yang pada akhirnya membantu meningkatkan keselamatan pasien dan pengambilan keputusan klinis, seperti diagnosis, reaksi alergi, dan duplikasi obat Research Methods/ Implementation Methods : metode cross sectional Results : Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di Puskesmas Bengkuring, masih terdapat ketidakpuasan pasien pada pelayanan pendaftaran. Selain itu, jumlah kunjungan pasien mengalami penurunan sejak 2022 sampai dengan tahun 2024. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui hubungan penggunaan e-rekam medis dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bengkuring yang terletak di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Conclusion/Lesson Learned : In conclusion, EMR is effective in reducing waiting times by streamlining administrative processes and enabling faster access to information, contributing positively to increased patient satisfaction at the Bengkuring Community Health Center.


