Pengukuran Kesuksesan Aplikasi Ujian Online Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model DeLone dan McLean

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.779

Keywords:

DeLone dan McLean, Sistem Informasi, Kepercayaan, Aplikasi Ujian Online

Abstract

Aplikasi Ujian Online merupakan media yang diimplementasikan di SMAN 10 Samarinda yang dapat digunakan untuk mengelola proses pelaksanaan ujian. Terdapat beberapa permasalahan yang dirasakan oleh pengguna saat mengoperasikan Aplikasi Ujian Online yang mana berpengaruh terhadap kepuasan siswa terhadap sistem tersebut. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya pengukuran kesuksesan Aplikasi Ujian Online dengan model DeLone dan McLean tahun 2003 dengan menambahkan variabel kepercayaan (trust) yang bertujuan untuk menilai manfaat yang dirasakan pengguna dari kualitas yang dihasilkan oleh Aplikasi Ujian Online. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 319 siswa angkatan 2020-2022 yang kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS 4 versi 4.0.9.1. Hasil analisis penelitian ini adalah diterimanya 10 dari 13 hipotesis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan dipengaruhi oleh kualitas informasi dan kualitas layanan, penggunaan dipengaruhi oleh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan. Kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan memengaruhi kepuasan pengguna. Penggunaan dan kepuasan pengguna memengaruhi manfaat bersih. Untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam mengakses Aplikasi Ujian Online, perlu adanya peningkatan kualitas sistem, informasi, serta layanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Author Biography

  • Putut Pamilih Widagdo, Mulawarman University

    Sistem Informasi

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Pengukuran Kesuksesan Aplikasi Ujian Online Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model DeLone dan McLean. (2023). Kreatif Teknologi Dan Sistem Informasi (KRETISI), 1(2), 65-74. https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.779

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2