Pengembangan Aplikasi Mobile E-Tourism Berbasis Flutter Untuk Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Menggunakan Metode Rapid Application Development
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/kretisi.v2i2.1850Keywords:
Pengembangan, Aplikasi Mobile, E-Tourism, Rapid Application Development, TicketingAbstract
Aplikasi Mobile E-tourism akan dikembangkan pada sistem perangkat Android dan iOS (iPhone Operating System) dengan menggunakan Flutter, yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk merencakan berkunjung ke tempat wisata Tenggarong. Menggunakan GPS untuk melihat jalan menuju lokasi. Aplikasi E-tourism yang dijadikan sebagai pemandu wisata. Mempermudah mencapai tempat tujuan objek wisata yang akan dikunjungi. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan dari aplikasi mobile E-tourism berbasis Flutter untuk Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode Rapid Application Development (RAD) digunakan dalam penelitian ini untuk menyesuaikan dalam sebuah aplikasi mobile dengan rencana dari bagian metode seperti melakukan desain dan pengemabangan. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara di Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara bagian bidang seksi data info. Sistem aplikasi mobile e-tourism menghasilkan fitur Ticketing atau pembelian tiket secara online dalam aplikasi untuk mempermudah wisatawan dan meningkatkan wisata wilayah tenggarong serta instansi dinas pariwisata untuk mendapatkan media promosi lanjutan dalam aplikasi mobile. Pengujian aplikasi menggunakan metode Rapid Application Development menunjukkan bahwa metode ini sangat efektif digunakan. Sistem aplikasi yang dilakukan akan membuat proses akses data fitur Ticketing sehingga dari penggunaan aplikasi mobile e-tourism dapat memudahkan bagi para wisatawan.
References
Gozali, H. W., & Lumaris, R. (2020). Pembuatan Aplikasi Marketplace Makanan Ringan Berbasis Android dengan Menggunakan Framework Cordova. Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, 2(01), 14–21. https://doi.org/10.37823/insight.v2i01.68
Jorgi, S., S, A., & Zulkarnaim, N. (2022). Pengembangan Aplikasi Mobile Layanan Pariwisata Lokal Sulawesi Barat Menggunakan Framework Flutter. Jurnal Komputer Dan Informatika, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.35508/jicon.v10i2.6623
Muslim, M., Sari, R. P., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Coding Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 10(01), 46. https://doi.org/10.26418/coding.v10i01.52178
Pearce, A. P., Naumann, D. N., & O’Reilly, D. (2021). Mission command: Applying principles of military leadership to the SARS-CoV-2 (COVID-19) crisis. BMJ Military Health, 167(1), 3–4. https://doi.org/10.1136/bmjmilitary-2020-001485
Prayoga Bhiantara, I. B., Indrawan, G., & Aryanto, K. Y. E. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi E-Ticket Mobile dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Dinas Pariwisata Karangasem). Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer Dan Kecerdasan Buatan), 5(1), 38–48. https://doi.org/10.47970/siskom-kb.v5i1.227
Sudradjat, B. (2021). Penggunaan Teknologi Flutter dalam Aplikasi Mobile untuk Pengembangan Kedai Kopi. Remik : Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.33395/remik.v6i1.11123
Sumarto, M. A. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Point of Sale (POS) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan Metode Rapid Application Development (RAD). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(1), 17–34. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5115
Sumihar, Y. P., & Theopilus, A. A. (2021). Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Menggunakan Flutter (Studi Kasus: Sistem Akademik Universitas Kristen Immanuel). INFACT : Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, 6(1), 27–38. https://journal.ukrim.ac.id/index.php/JIF/article/download/310/246/881
Tjandra, S., & Chandra, G. S. (2020). Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, 2(02), 76–81. https://doi.org/10.37823/insight.v2i02.109
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74
Widianto, H., Pratama, A. P. P., & Laksmi, A. P. L. (2020). Pengembangan Aplikasi COSYCALSHIP Berbasis Android untuk Pengelolaan Beasiswa Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 32–44. https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.69
Yudha, I. M. R. P. A., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian IPhone Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen, 8(2), 1–3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BISMA-JM/article/view/39197
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.