Pengukuran Kinerja Website Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, Dan Service (PIECES) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa

Authors

  • Tio Febriyantoro Universitas Mulawarman
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman
  • Muhammad Labib Jundillah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i1.562

Keywords:

Kinerja Website, KKN Non Reguler, PIECES, Fakultas Teknik

Abstract

Petunjuk Website merupakan salah satu sumber daya dalam internet yang banyak digunakan. Fakultas Teknik memiliki website pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler yang dapat membantu dan mempermudah pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler yang dapat dipergunakan mahasiswa/i untuk mendaftarkan diri melakukan salah satu program studi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja Website Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler, dan juga dapat mengetahui sumber permasalahan sehingga dari permasalahan tersebut dapat meningkatkan kinerja Website Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler dengan metode Perfomance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, dan Service (PIECES). Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan tahun 2019 sebagai pengguna website kuliah kerja nyata (KKN) Non Reguler Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Analisis pengolahan data dibantu dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Statistic program for social science (SPSS) dan Microsoft Excel. Hasil analisis website kuliah kerja nyata (KKN) Non Reguler dengan menggunakan metode PIECES adalah Performance memperoleh nilai 3,55, Information memperoleh nilai 3,59, Economy memperoleh nilai 3,96, Control memperoleh nilai 3,6, Efficiency memperoleh nilai 3.62, dan Service memperoleh nilai 3,35. Karena masing-masing nilai pada indikator, berada di 3,55 – 3,96 yang berarti pengguna merasa PUAS terhadap kinerja website Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler,Walaupun masih terdapat beberapa permasalahan pada indikator Service.

Author Biographies

Tio Febriyantoro, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Vina Zahrotun Kamila, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

Muhammad Labib Jundillah, Universitas Mulawarman

Sistem Informasi

References

Ayunita, D., & Nurmala, N. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.

Agustina, N. (2018). Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi ERP Dengan Metode Pieces Framework. Jurnal Informatika, Vol.5 No.2 September 2018, pp. 278~286 ISSN: 2355-6579 E-ISSN: 2528-2247.

Choriah, C., & Nurmiati, E. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode PIECES Pada WHATSAAP Sebagai Aplikasi Knowledge Sharing. Jurnal Teknologi, 14(1), 61-68. Astrachan, C. B., Patel, V. K., & Wanzenried, G. (2014). A comparative study of CB-SEM and PLS-SEM for theory development. Journal of Family Business Strategy 5, 116–128.

Dinata, F. H., & Deharja, A. (2020). Analisis SIMRS Dengan Metode PIECES Di RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Jurnal Kesehatan, 8(2), 106-17.

Huda, N. (2019). Analisis Kinerja Website PT. PLN (Persero) menggunakan Metode Pieces. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 78-89.

Huda, N., & Megawaty, M. (2021). Analisis Kinerja Website Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(2), 155-161.

Herdiansyah, H. (2020). Pengaruh Attitude Toward Behavior, Subjective Norm, Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Menjadi Seorang Entrepreneur Pada Mahasiswa Peserta Matakuliah Entrepreneurship 1 Dan 2 Batch 2017. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 44-59.

Moh, R. I. M. (2020). Metode PIECES Dalam Menganalisa Sistem Informasi Manajemen Tracking Barang. Jurnal Dinamis, 17(2 Desember), 180-187.

Nasri, J., Khoiriyah, K., & Romadoni, D. (2023). Analisa Metode PIECES Dalam Rekayasa Sistem Informasi Pengiriman Barang Berbasis Web. JRIS: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 3(1), 61-68.

Pamungkas, R., Asnawi, N., & Wijaya, Y. D. (2019, October). Analisis Pengaruh Teknik Responsive Web Design (RWD) Terhadap Kualitas Website Dengan Metode PIECES. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 149-154).

Prayogi, R., Ramanda, K., Budihartanti, C., & Rusman, A. (2021). Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA. Jurnal Infortech, 3(1), 7-12.

Putra, D. W. T., Bulkis, H., Mandarani, P., & Syahrani, A. (2021). Metode Pieces Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Portal Akademik. J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind, 21(1), 50.

Ramadhani, S. (2018). PIECES Framework Untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 4(2).

Robo, S., Alam, S. N., & Julianto, T. D. (2021). Penerapan Metode PIECES Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIYAP). Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 142-155.

Tampi, R., Trang, I., & Saerang, R. T. (2023). Pengaruh Organizational Support, Komitmen Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Taspen Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 689-700.

Downloads

Published

06-07-2023

How to Cite

Febriyantoro, T., Kamila, V. Z., & Jundillah, M. L. (2023). Pengukuran Kinerja Website Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, Dan Service (PIECES) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa. Kreatif Teknologi Dan Sistem Informasi (KRETISI), 1(1), 17–23. https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i1.562