Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Kopi Kenangan Menggunakan Metode TAM 2 di Kota Samarinda
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/kretisi.v3i1.2135Keywords:
Kopi Kenangan, Kepuasan Pengguna, TAM 2, Kota SamarindaAbstract
Kopi Kenangan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan telah mengembangkan layanan aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepuasan pengguna dengan pendekatan Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Platform layanan digital di sektor food dan beverage mendorong perlunya eksplorasi terhadap faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna, terutama pada aplikasi yang mengintegrasikan fitur pemesanan, promosi, dan loyalitas. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna aplikasi Kopi Kenangan di Samarinda, yang merupakan responden dengan pengalaman penggunaan sebelumnya. Kuesioner ini mengukur sembilan konstruk utama dari TAM 2, yaitu Subjective Norm, Image, Job Relevance, Output Quality, Result Demonstrability, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Intention to Use, dan Usage Behavior, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural. Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan, sementara Subjective Norm juga memiliki peran penting. Uji reliabilitas dan validitas menunjukkan bahwa delapan dari sebelas konstruk memiliki konsistensi internal dan validitas konstruk yang dapat diterima, namun tiga konstruk Experience, Voluntariness, dan Usage Behavior menunjukkan skor reliabilitas yang lemah atau negatif, yang mengindikasikan perlunya perbaikan instrumen. Pembahasan penelitian menekankan bahwa antarmuka yang intuitif, tampilan visual yang menarik, dan efisiensi sistem menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pengguna. Temuan ini memberikan wawasan praktis bagi pengembang dan pengambil keputusan dalam mengoptimalkan desain yang berpusat pada pengguna serta meningkatkan keterlibatan digital di pasar ritel yang kompetitif. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan potensi TAM 2 dalam memahami dan meningkatkan pengalaman pelanggan digital di industri kopi Indonesia.
References
Fihir, M., Martanto, & Hayati, U. (2023). Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan Menggunakan Metode Decision Tree Pada Aplikasi Kopi Kenangan. JATI(Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3830–3833. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8223
Kinaswara, T. A., Hidayati, N. R., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website Pada Kelurahan Bantengan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 71–75. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1073/0
Kusumawardani, A. P., Sholawati, A., Rachmah, A. A., Adiputra, D. B., Lestari, F., Prasetyo, M. E., & Khairina, D. M. (2022). Analisis Kemudahan Pengguna Aplikasi GO-JEK di Samarinda Menggunakan Metode Technology Acceptance Model 2. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 122–128. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.424
Rafliatha, M., Suharyati, S., & Aryani, L. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Kopi Kenangan Ditinjau dari Pengaruh Marketing Mix. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1415–1427. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1228
Razak, M., Hidayat, M., & Arwien, R. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Sebagai E-Service Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). SEIKO : Journal of Management & Business, 3(3), 92–108. https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.729
Sayekti, F., Tarigan, B., Wijayanti, E. L., & Utami, R. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pemakai Layanan Jasa. Jurnal Riset Akuntansi, 9(1), 16–26. https://doi.org/10.55963/jraa.v9i1.437
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560
Sitompul, B. R. Y., & Herian, A. (2023). Analisis Penerimaan Aplikasi Kopi Kenangan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. KOLONI :Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 116–130. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i2.468
Susanti, E. esti, Alviyanti, S. hajar, Purwandira, A., Aini, E. dwi nur, & Febiyanti, I. (2024). Analisis Usability Aplikasi Kopi Kenangan Dengan Metode Use Questionnaire. Seminar Inovasi Dan Teknologi, 8(2), 1184–1193. https://doi.org/10.29407/inotek.v8i2.5054
Unggu, T., & Windarto, Y. (2022). Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Ukrida Virtual Class Menggunakan Technology Acceptance Model 2. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(4), 3250–3263. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i4.2686
Utama, W. P., Andhika, B. R. D., Fahrian, A. R., & Luthfiyah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Kenangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 3(2), 130–138. https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i2.6291
Wattimena, G. H. J. A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk “Kopi Kenangan.” Sketsa Bisnis, 11(1), 24–41. https://doi.org/10.35891/jsb.v11i1.4550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kreatif Teknologi dan Sistem Informasi (KRETISI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.