Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Kedai Kabur Bontang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jatri.v1i1.492Keywords:
business model canvas, desain transformasi bisnis, strategi pengembangan bisnisAbstract
Dalam perkembangan bisnis di era sekarang, terdapat banyak sekali bisnis-bisnis yang bermunculan dengan berbagai ciri khas tertentu. Perkembangan bisnis yang sangat pesat ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat dari para pebisnis, khususnya bisnis di bidang food & beverage. Salah satu usaha pada bidang food & beverage yang mempunyai cukup persaingan adalah usaha kedai. Kedai Kabur adalah kedai makanan dan minuman yang terutama menjual produk bubur dan minuman. Permasalahan yang biasanya dijumpai dari usaha kedai adalah kurangnya minat pelanggan untuk membeli produk kedai yang ditawarkan. Masalah ini pun juga terdapat pada salah satu usaha kedai yaitu Kedai Kabur yang terletak di kota Bontang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat strategi pengembangan bisnis dengan membuat model transformasi bisnis dengan bisnis model kanvas pada Kedai Kabur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif menjelaskan dan menggambarkan situasi atau proses Kedai Kabur yang diteliti. Informan kunci untuk penelitian ini adalah manajer Kedai Kabur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan bisnis model kanvas Kedai Kabur. Analisis pada desain transformasi bisnis menggunakan pendekatan bisnis model kanvas. Hasil dari strategi pengembangan bisnis Kedai Kabur adalah mengembangkan bisnis Kedai Kabur agar mampu bersaing dan mengatasi permasalahan yang ada. Peningkatan nilai dalam sembilan elemen model bisnis canvas menghasilkan strategi baru dari segmen pelanggan hingga aliran pendapatan Kedai Kabur.
References
Hambali, A., & Andarini, S., 2021, Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya, Journal of Applied Business Administration, 131-142.
Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N., Arisah, N., & Hasan, M., 2021, Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z, Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital Vol.1, No.1, 1-11.
Kristanti, M. R., & Indrayanti, T., 2022, Presuposisi dalam Video Wawancara Tokoh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jurnal Ilmiah Fonema Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 69-81.
Maftahah, R., Wijayantini, B., & Setianingsih, W. E., 2022, Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC), Inovator : Jurnal Manajemen, 300-310.
Makkarennu, & Rahmadani, I., 2021, Penerapan Business Model Canvas Pada Pengembangan Usaha Gula Aren : Studi Kasus Di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, Jurnal Bisnis, Manejemen dan Informatika (JBMI) Vol.18, No.1, 1-18.
Osterwalder, A., and Pigneur, Y., 2012, Business Model Generation Cetakan ke-7, Oktober 2014, Elex Media, Jakarta.
Prawita, D., & Cahya, A. D., 2022, Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Observasi Umkm Dan Digital Marketing Terhadap Intensi Mahasiswa Berwirausaha Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19, NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 388-398.
Susilowati, I. H., 2021, Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC), Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 113-121.
Suwarni, E., & Handayani, M. A., 2020, Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang dengan Pendekatan Business Model Canvas, Journal Management, Business, and Accounting Vol. 19 No.3, 320-330.
Zulkarnain, Saputra, M. G., & Silvia, D., 2020, Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada PT Pitu Kreatif Berkah, Journal Industrial Services Vol.6, No.1, 55-61.