Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus: Kebab Kota Raja Samarinda)

Authors

  • Ashar Mulawarman University
  • La Ode Ahmad Safar Tosungku
  • Yudi Sukmono

DOI:

https://doi.org/10.30872/jatri.v2i2.1100

Keywords:

Analisis SWOT, CPM, Grand Strategy, Kebab, Strategi Pemasaran, QSPM

Abstract

Kebab Kota Raja Samarinda merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang industri makanan di Kota Samarinda. Kebab Kota Raja Samarinda menerapkan promosi menggunakan sosial media dan tidak mengikuti pangsa pasar untuk bersaing pada penjualan online di e-commerce. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis mengenai faktor internal dan eksternal dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta merumuskan strategi pemasaran yang cocok untuk Kebab Kota Raja Samarinda, agar mampu bersaing dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). QSPM merupakan suatu teknik untuk mengidentifikasi alternatif strategi yang sesuai atau terbaik bagi kondisi perusahaan. QSPM dirancang untuk menentukan kemenarikan relatif dan mengevaluasi pilihan strategi alternatif yang dapat dilaksanakan secara objektif, berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal yang telah diidentifikasikan pada matriks IFE dan EFE.Terdapat 3 tahapan analisis strategi yaitu tahap input, tahap pencocokan dan keputusan. Perolehan yang didapatkan dari matriks IFE adalah 2,701, sedangkan pada matriks EFE adalah 2,479 dan dilanjutkan dengan tahap pencocokan menggunakan matriks CPM, IE, SWOT, Grand Strategy. Hasil dari keseluruhan metode yang digunakan untuk strategi prioritas dengan menggunakan metode QSPM dalam tahap keputusannya. Strategi yang diprioritaskan untuk dirumuskan dan diimplementasikan yaitu, mempertahankan kualitas produk dengan cita rasa yang bervariatif dengan STAS sebesar 6,994.

References

Alwi, I. (2015). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Jurnal Formatif 2(2), 140–148.

Astuti, Anissa Mayang Indri, dan Shinta Ratnawati. 2020. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100).” Jurnal Ilmu Manajemen 17(2):58–70.

Christianto, Timothy Jordan, Theofilo Gilroy Jacobus, Ester Yemima Eliana, dan Imanuel Adhitya. 2021. “Analisis Strategi Bisnis Pada Perusahaan Layanan Internet Fixed Broadband Menggunakan Matriks IFE-EFE-IE.” 4:1–8.

David, F. R., & R, D. and. 2015. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keungulan Bersaing Edisi- 15. Salemba Empat.

David, F.R., 2016, Manajemen Strategik Edisi-15, Salemba Empat : Jakarta.

Dewi, Pratiwie Nirmala, Chandra Hendriyani, dan Rommy M. Ramdhani. 2021. “Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi.” 17:6–13.

Haque-fawzi, Marissa Grace, Ahmad Syarief Iskandar, dan Heri Erlangga. n.d. Konsep , Teori Dan Implementasi.

Hasibuan, S., dan Amela, F. 2019. "Implementasi Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dalam Merencanakan Strategi Pemasaran pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink di Kota Binjai". Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A) 8(1):26-36.

Kotler, P., & Keller, K., L., 2009, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2, Penerbit Erlangga : Jakarta.

Kurniawan, Miftakhurrizal, dan Novi Haryati. 2017. “Analysis of Business Development Strategy of Soursop Juice Beverage.” Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 6(2):97–102. doi: 10.21776/ub.industria.2017.006.02.6.

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1991). Adequacy of Sample Size in Health Studies. Biometrics, 47(1), 347.

Masdaini, E., dan Hemayani, A.D. 2022. "Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang". Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis 2(1):22-28.

Mashuri dan Dwi Nurjannah. 2020. “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing.” JPS (Jurnal Perbankan Syariah) 1(1):97–112. doi: 10.46367/jps.v1i1.205.

Maulida, Ervina, Gustian Djuanda, Ira Valentina Silalahi, Ni Nyoman Kerti Yasa, Putu Laksmita Dewi Rahmayanti, Tasrim, Aditya Wardhana, I. Gusti Ngurah Jaya Agung Widagda K, Hani Damayanti Aprilia, Ekalia Yusiana, Atika, dan R. Suryanti Ismail. 2021. Manajemen Strategik.

Poskota Kaltim, Jumlah UMKM di Kaltim Meningkat, http://poskotakaltimnews.com/read/2052/jumlah-umkm-di-kaltim-meningkat, 15-1 2022.

Prayudi, Dicki. 2020. “Penggunaan Matriks SWOT Dan Metode QSPM Pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer : Studi Kasus Pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi.” 9(2):224–40.

Puspitasari, Nia Budi, Rani Rumita, dan Gilang Yuda Pratama. 2013. “Pemilihan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix) Dan Model Maut (Multi Attribute Utility Theory) (Studi Kasus Pada Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta).” J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri 8(3):171–80. doi: 10.12777/jati.8.3.171-180.

Qanita, Ariza. 2020. “Analisis Strategi Dengan Metode SWOT Dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep.” 1(2):11–24.

Rahayu, A.E., dan Athoillah, M.A. 2022. "Peran Pasar dalam Distribusi Sumber Daya Perspektif Ekonomi Syariah". Jurnal Iqtisaduna 8(2):228-239. doi: 10,24252/iqtisaduna.v8i2.33291.

Riyanto, Slamet. 2018. “Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun.” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 5(3):159–68. doi: 10.35794/jmbi.v5i3.21707.

Saleh, Muhammad Yusuf dan Miah Said. 2019. Konsep Dan Strategi Pemasaran.

Setyorini, Hany, Mas’ud Effendi, dan Imam Santoso. 2016. “Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang).” Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 5(1):46–53. doi: 10.21776/ub.industria.2016.005.01.6.

Sulasih. 2019. “Di Keser Notog Patikraja Banyumas Sulasih.” Jurnal E-Bis 3(1):27–40.

Sutarni, Aziz Fathoni, and Andi Tri Haryono. 2018. “Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) Dalam Implementasi Strategi Pemasaran Pada Zaza Laundry Semarang.” Journal of Management, 1–11.

Swandayani, Dian, dan M. Hum. 2009. “Kebab , Cita Rasa Dan Sebuah Identitas.” (3).

Tamara, Angelica. 2016. “Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis.” Jurnal Riset Dan Manajemen 4(3):395–406.

Tambunan, W., Amelia, T., & Pryana, F.P., 2019, Perencanaan Strategi Pemasaran Usaha Mikrokecil Dan Menengah Manis Bakery, Jurnal INTECH, vol 5, no. 1, hh. 23-34.

Wijaya, H., dan Sirine, H. 2016. "Strategi Segmenting, Targeting, Positioning serta Strategi Harga pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap". AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 1(3):175-190.

Downloads

Published

11-09-2024

How to Cite

Ashar, La Ode Ahmad Safar Tosungku, & Yudi Sukmono. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus: Kebab Kota Raja Samarinda). Jurnal Teknik Industri (JATRI), 2(2). https://doi.org/10.30872/jatri.v2i2.1100