Analisis Strategi Pemasaran Meningkatkan Penjualan Kue Lapis Terap Menggunakan SWOT Dan AHP
(Studi Kasus: UMKM Lapis Tarakan)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jatri.v2i1.1014Keywords:
Analytical Hierarchy Process, Grow and Build, IFE dan EFE, Kue Lapis Terap, UMKM Lapis TarakanAbstract
UMKM Lapis Tarakan merupakan usaha di bidang produksi kue yang bertempat produksi di Jl. Flamboyan No.47, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Toko Lapis Tarakan berada di Jl. Jend. Sudirman, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Salah satu produk unggulan dari usaha ini yaitu kue lapis terap karena merupakan oleh-oleh khas Kota Tarakan. Strategi yang dijalankan saat ini kurang optimal, sehingga perlu adanya strategi khusus. Formulasi strategi dimulai dengan pengumpulan input dasar yaitu identifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal. Tahap selanjutnya yaitu tahap pencocokan untuk menghasilkan alternatif strategi yang layak. Hasil dari matriks IFE dan EFE dicocokkan menjadi matriks IE untuk mengetahui posisi perusahaan. Setelah itu dilakukan analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi. Tahap terakhir yaitu pengambilan keputusan strategi yang akan menjadi prioritas dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sebagai rekomendasi strategi perusahaan. Berdasarkan hasil analisa posisi perusahaan, produk kue lapis terap berada pada posisi sel 2 yaitu grow and build. Sehingga didapatkan prioritas utama yaitu strategi menjalin kerjasama dengan pemerintah dalam memperkuat citra kue lapis terap sebagai produk oleh-oleh khas kota Tarakan. Prioritas kedua adalah strategi melakukan promosi dengan konsep yang menarik dan kekinian. Prioritas ketiga adalah strategi mengikuti kegiatan pameran produk lokal ataupun UMKM yang diadakan oleh pemerintah. Prioritas keempat adalah strategi meningkatkan promosi dengan teknologi yang ada melalui berbagai media. Prioritas kelima adalah strategi memberikan informasi kepada masyarakat untuk ikut mendukung produk kue lapis terap sebagai oleh-oleh khas kota Tarakan.
References
Darmanto, E., Latifah, N., & Susanti, N., 2014, Penerapan Metode AHP (Analythic Hierarchy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu, Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, Vol. 5 No 1, h. 75.
Hati, S. W., & Fitri, N. S. 2017. Analisis Pemilihan Supplier Pupuk Npk Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, Vol. 5 No 2, h. 122.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2008. Principles of Marketing, Twelfth Edition. Pearson Pretice Hall International Inc, New Jersey.
Mujiastuti, R., Latifah, R., & Hendra., 2019, Penentuan Jenis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Pada UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan Berbasis Teknologi, Jurnal Ilmiah Info, Vol. 11 No 1.
Ngatno. 2017. Manajemen Pemasaran. EF Press Digimedia, Jakarta.
Putri, B. R. T. 2017. Manajemen Pemasaran, Denpasar : Fakultas Peternakan Universitas Udayana.
Rahardjo, S., 2022, Analisis Strategi Pemasaran Pupuk NPK Pelangi untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN, Jurnal Untirta, Vol. 7 No 2.
Rusdi, M., 2019, Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya, Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, Vol. 6 No 2.
Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I., 2016, Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang), Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, Vol. 5 No 1, hh. 46-53.
Zulkarnaen, H. O., & Sutopo., 2013, Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian Ukm Snack Barokah Di Solo), Jurnal Manajemen, Vol. 2 No 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Industri (JATRI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.