Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kabur Yang Merupakan Salah Satu Unit Bisnis CV. Atira Karya Permata, Bontang
Studi Kasus: CV. Atira Karya Permata, Bontang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jatri.v2i1.1009Keywords:
kedai kabur, kualitas pelayanan, kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Kedai Kabur yang merupakan salah satu unit bisnis CV. Atira Karya Permata.Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2019 dari Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan yaitu data primer,sekunder serta metode pendekatan kuantitatif dan metode pengujian instrumen penelitian.Penelitian yang di ajukan berdasarkan hasil data yang saya dapatkan.Namun,berdasarkan data yang didapat dari sumber informasi yang di tuju serta hasil data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung karena melalui sumber buku,jurnal,artikel,dan berita dalam bentuk tertulis. Diketahui data dari Tabel 4.1. nilai rata-rata tertinggi berada pada item X2, yaitu “Kebersihan di kedai kabur terjaga” dengan nilai rata-rata 21.67.Hal tersebut menunjukkan bahwa pegawai Kedai Kopi Kabur memperhatikan dengan teliti setiap pesanan pelanggan, sehingga responden setuju pada pernyataan Kebersihan di kedai kabur terjaga. Nilai rata-rata terendah dari hasil Tabel 4.1. menunjukkan pada item X7, yaitu “Pegawai Mempersilahkan saya untuk memilih tempat duduk” dengan nilai rata-rata 18.33.Hal tersebut menunjukkan bahwa responden kurang setuju pada pernyataan Pegawai Mempersilahkan saya untuk memilih tempat duduk. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu bagaimana kualitas pelayanan untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga semakin baik pelayanan yang diberikan oleh Kedai Kabur maka akan semakin baik kepuasaan yang timbul dalam benak pelanggan serta perhatian utama yang harus dilakukan Kedai Kabur terhadap kualitas pelayanan yaitu pegawai,hal ini dikarenakan pegawai kedai kabur sendiri terlihat sedikit kurang perhatian dan sulit untuk senyum ketika menyambut pelanggan.
References
Diana, E., Rofiki, M., 2020, Analisis Metode Pembelajaran Efektif di Era New Normal, Jurnal JRPP, vol. 3 no. 2.
Hermawan, S.. 2018. Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).
Ibrahim, M., dan Thawil, S,M., 2019, Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, vol. 4, no. 1.
Latuheru, R., 2019, Branding Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus Strategi Marketing Public Relation Universitas Kristen Indonesia Maluku), vol. 5, no. 2.
Nastain, M., 2017, Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk), Jurnal Management System, vol. 5, no. 1 hh. 14-26.
Sukmasetya, P., dkk., 2021, Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing ada Kuliner Kampung Kali Paremono, Jurnal Abdimas PHB, vol. 4, no. 3.
Santoso, I. R., (2019). Konsep Marketing Berbasis Maqoshid Al-syari'i Imam Al-Ghazali, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 5, no. 3 hh. 157-165.
Suryani, P. Y., 2020, Pengaruh Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research 1, no. 1, 70-82.
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Alfabeta,Bandung.
Tjiptono, F., 2014, Service, quality and satisfaction (3rd ed.), Andi, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Industri (JATRI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.